Pembuatan Komposit Hidrogel Berbasis Selulosa untuk Pertanian di Lahan Kering

Tahun : 2010

Dipa : Tematik TA 2010

Abstrak : Sedang dilakukan penelitian pembuatan hidrogel- senyawa polimer yang mampu menyerap dalam jumlah banyak jika dibanding dengan berat keringnya- dari monomer asam akrilat, cellulose dan filler dari clay di pusat penelitian kimia sejak tahun 2008. Pada tahun 2008 difokuskan untuk mendapatkan kondisi optimum pembuatan hidrogel skala laboratorium dengan system batch seperti konsentrasi monomer, polimer, filler, suhu, waktu dan kecepatan pengadukan. Pada tahu 2009 dilakukan perbaikan kondisi optimum pembuatan hidrogel serta pembuatan hidrogel komposit skala laboratorium. Proses produksi skala lab menunjukan hidrogel dapat dibuat dengan kondisi suhu ~ 60 oC, waktu proses ~8 jam, serta kapasitas swellingnya adalah 80 kali berat awal hidrogel.
Pada tahun ke 3 ini (2010) akan dilanjutkan dan difokuskan untuk perbesaran skala pembuatan hidrogel menjadi 10 L dengan reaktor system batch. Peralatan yang akan digunakan adalah reaktor polimerisasi sistem batch, pemanas, kondensor, dan sistem pencuci, 
Proses reaksi optimum pada skala lab akan digunakan dalam optimasi skala 10 L. Kemudian reprodusibility dari proses skala 10 L juga akan ditentukan. Diharapkan akan didapatkan kondisi optimum proses pembuatan hidrogel skala 10 L sebagai dasar untuk merancang perbesaran skala menjadi semi pilot. Hidrogel yang dibuat ini akan digunakan pada pertanian lahan kering. 

Anggota Penelitian :

1. Andi Tenri Adjeng Karossi
2. Hidayat
3. Syahril Ahmad
4. Yati Ruchjati
ZONA INTEGRITAS