Proses Produksi Material Antiosteoporosis DFA III dari Inulin Dahlia Secara Enzimatik Menggunakan Inulinfruktotransferase Nonomuraea sp.

Tahun : 2012

Dipa : Tematik TA 2012

Abstrak : DFA III adalah senyawa disakarida siklik termasuk bahan pangan yang memiliki fungsi fisiologis meningkatkan absorpsi kalsium pada usus tikus, sapi dan manusia sehingga dapat diaplikasikan sebagai bahan pangan pencegah osteoporosis. DFA III dapat dibuat secara enzimatik dari inulin menggunakan enzim inulinfruktotransferase dari mikroba. Enzim tersebut memiliki suhu optimum 65oC, lebih tinggi dari suhu optimum enzim-enzim yang pernah diketemukan sebelumnya dan aktifitasnya tetap stabil setelah dipanaskan pada suhu 70oC selama 20 menit. Oleh karena itu enzim tersebut berpotensi untuk diaplikasikan pada skala industri. Disamping itu enzim inulinfruktotransferase dari genus Nonomuraea baru pertama kali ini dipelajari sehingga memiliki peluang untuk mendapatkan paten. Pada tahun kegiatan 2010 telah diusulkan untuk melaksanakan kajian proses fermentasi skala fermentor 2-10/30 L dengan mempelajari faktor-faktor lingkungan fermentasi seperti agitasi dan aerasi. Pada tahun yang sama juga dilakukan proses perbesaran skala reaksi enzimatis DFA III skala 2 dan 20 L dan proses kristalisasi skala labu kocok. 
Pada tahun kegiatan 2011telah diusulkan untuk mengaplikasikan proses pembuatan DFA III skala 2 dan 20 L dengan mengkaji kondisi dan faktor aerasi, agitasi yang optimum . Kegiatan proses kristalisasi dan pemurnian hasil DFA III akan dilakukan. Tujuan dari penelitian tahun 2012 adalah mempelajari teknologi proses produksi senyawa DFA III secara enzimatik dalam fermentor skala 100 L dengan memanfaatkan potensi mikroba aktinomiset asli Indonesia ( Nonomurea sp ) dan bahan baku lokal umbi dahlia sebagai sumber substrat inulin. DFA III diketahui memiliki aktifitas fisiologis dapat meningkatkan absorpsi kalsium pada usus tikus, sapi dan manusia sehingga dapat diaplikasikan sebagai bahan pencegah osteoporosis.

Kata kunci : DFA III, Inulinfruktotransferase, Aktinomiset, Fermentor 100 L.

Anggota Penelitian :

1. Sri Pujiastuti
2. Ratnasih
ZONA INTEGRITAS