Mikroba BiotaLaut (Alga merah dan Alga Coklat) Sebagai Antioksidan dan Antibiotik Spektrum Luas

Tahun : 2015

Dipa : Tematik TA 2015

Abstrak : Rumput laut merupakan bahan makanan yang telah dikonsumsi sejak dahulu sebagai bahan makanan, obat-obatan dan bahan baku industri. Disamping itu, rumput laut sangat popular digunakan untuk terapi kecantikan dan pengobatan infeksi bakteri. Zat bioaktif dari rumput laut diharapkan mampu memperbaiki kulit yang rusak dengan baik (terinfeksi dengan mikroba pathogen), memberi kelembaban alami pada kulit, melancarkan peredaran darah yang memberi efek sehat dan halus pada kulit. Jenis rumput laut yang banyak sebagai bahan kosmetik adalah rumput laut merah (Rhodophyta) dan rumput laut coklat (Phaeophyta). Rumput laut tersebut mengandung berbagai jenis bioaktif, seperti antioksidan dan antibiotik alami.
Rumput laut adalah makroalga yang termasuk dalam divisi Thalophyta (tumbuhan thalus) dan umumnya dikenal dengan sebutan seaweed. Ada tiga divisi rumput laut, yaitu Cholorophyta (900 spesies), Phaeophyta (1000 spesies), dan Rhodophyta (2500 spesies).
Beberapa senyawa dari rumput laut berpotensi sebagai antioksidan, yaitu karotenoid, karoten, dan fukosantin. Jenis rumput laut yang yang bernilai ekonomis tinggi adalah rumput laut merah (Rhodophyta) dan rumput laut cokelat (Phaeophyta). Rhodophyta dan Phaeophyta memiliki banyak senyawa golongan fenolik dan vitamin C yang mampu melawan radikal bebas yang berbahaya serta meningkatkan kekebalan tubuh. Kadar antioksidan rumput laut berkisar 550 kali lebih kuat dari vitamin C.
Potensi rumput laut berasosiasi dengan mikroorganisme yang terdapat di dalamnya. Mikroba endofitik merupakan salah satu megabiodiversitas yang belum diteliti sepenuhnya. Oleh karena itu, pada tahun pertama (2015) akan dilakukan skrining mikroba endofitik dari Rhopdophyta dan Phaeophyta yang memiliki aktivitas antioksidan dan antibiotik spectrum luas serta identifikasi molekular mikroba endofitik . Selanjutnya, tahun (2016), identifikasi senyawa antioksidan dan antibiotik mikroba endofitik, (2017) optimasi proses perolehan metabolit antioksidan dan antibiotik, (2018) formulasi produk antioksidan (cream) dan antibiotik (salep).

Anggota Penelitian :

1. Linar Zalinar Udin
2. Dewi Sondari
3. Marissa Angelina
4. Teni Ernawati
ZONA INTEGRITAS