Pengembangan green katalis berbasis mineral alam dan aplikasinya untuk konversi selektif minyak sereh menjadi bio-based additives

Tahun : 2015

Dipa : Unggulan

Abstrak : Mineral alam seperti zeolit dan bentonit merupakan sumber daya alam lokal yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Kajian tentang aplikasi mineral alam saat ini banyak dilakukan oleh institusi penelitian nasional, antara lain sebagai filler, bleaching agent, ataupun dehydration agent. Namun, belum banyak penelitian yang memanfaatkan mineral alam ini sebagai material green katalis yang memiliki performa tinggi sesuai konsep 3R (Reduce, Reuse, and Recycle) untuk proses konversi biomasa yang ramah lingkungan serta siap diaplikasikan langsung oleh industri kimia. Dengan pergerakan trend penelitian Green and Sustainable Chemistry yang mendesain proses kimia ramah lingkungan dari bahan baku yang dapat diperbaharui, terbentuk peluang untuk memanfaatkan mineral alam sebagai green katalis berperforma tinggi untuk menghasilkan produk inovatif turunan biomasa.
Pada penelitian ini, mineral alam akan didesain menjadi green katalis untuk konversi minyak sereh menjadi bio-based additives penghemat bahan bakar minyak dan produk perawatan kesehatan. Pengembangan green katalis ini dilakukan melalui modifikasi zeolit dan bentonit alam dengan logam Ni, sehingga memiliki sifat katalitik dwi-fungsi; sisi asam (metal oksida dalam mineral alam) dan sisi hidrogenasi (logam Ni), yang diperlukan untuk konversi minyak sereh menjadi senyawa turunannya. Imobilisasi logam Ni akan dilakukan dengan beberapa metode antara lain impregnasi, grafting, dan ion-exchange dan berbagai parameter reaksi akan dikaji. Dengan penelitian ini, diharapkan mineral alam lokal melalui teknologi green katalis dapat memberikan peran yang nyata dalam pembangunan nasional, baik sebagai komoditi tambang unggulan ekspor maupun untuk memenuhi kebutuhan industri dalam negeri. Selain itu, proses konversi menjadi bio-based additives ini memberikan nilai tambah untuk minyak sereh Indonesia.

Anggota Penelitian :

ZONA INTEGRITAS