Studi bioaktifitas invitro dan invivo Kombinasi Difructose Anhydride III (DFA III) dari Inulin Umbi Dahlia (Dahlia sp.) dan Ekstrak kayu Secang (Caesalpinia sappan), dan Aplikasinya untuk Pengembangan Suplemen Pangan Pencegah Osteoporosis.

Tahun : 2015

Dipa : Unggulan

Abstrak : Osteoporosis adalah suatu keadaan di mana tulang kehilangan massa akibat menurunnya aktifitas pembentukan sel tulang oleh sel osteoblas dan meningkatnya resorpsi tulang oleh sel osteoklas. Prevalensi penyakit osteoporosis tergolong tinggi di Indonesia, yaitu dua dari lima orang Indonesia terserang osteoporosis. Angka ini lebih tinggi dari prevalensi dunia, di mana satu dari tiga orang di dunia berisiko osteoporosis. Oleh karena itu Menteri kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2006 menetapkan osteoporosis sebagai ancaman kesehatan yang harus ditangani secara serius. Pencegahan osteoporosis, dapat dilakukan dengan cara meningkatkan asupan kalsium dan absorpsi kalsium (Mithal et al., 2009).
Pada penelitian ini akan dikembangkan produk suplemen pangan untuk kesehatan tulang dengan bahan aktif kombinasi difructose anhydride (DFA III), yang telah diketahui dapat meningkatkan absorpsi kalsium dan kadar kalsium tulang, dengan ekstrak etanol kayu secang yang telah diketahui mengandung bahan-bahan aktif turunan sappan, sappanchalcone dan protosappanin B yang dapat meningkatkan proliferasi sel-sel pembentuk tulang (osteoblas) dan menghambat proliferasi sel-sel pengurai tulang (osteoklas). Penelitian diawali dengan meneliti potensi umbi dahlia untuk pembuatan DFA III dilanjutkan dengan studi aktifitas DFA III dan kombinasinya dengan ekstrak kayu secang terhadap aktifitas invitro sel-sel osteoblas dan osteoklas serta aktifitas penyerapan kalsium dan toksisitas invivo. Dengan mengacu pada hasil studi invitro dan invivo, akan dikembangkan formulasi produk suplemen pangan bentuk sediaan padat dan dipelajari karakteristik, kesukaan melalui studi organoleptik dan stabilitasnya.

Anggota Penelitian :

ZONA INTEGRITAS