Penelitian dan Pengembangan Senyawa Antikanker dari Endofitik Biota Laut

Tahun : 2016

Dipa : mandiri

Abstrak : Kanker payudara memiliki angka kejadian tertinggi nomor satu di Indonesia dan setiap tahun terdapat kecenderungan peningkatan angka kejadian kanker payudara, sedangkan prevalensi penderita kanker payudara di Indonesia sebesar 876.665 penderita (17,8 persen). Data statistic Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperlihatkan angka penderita kanker payudara setiap tahun mencapai 7 juta jiwa, sedangkan angka kematian akibat kanker payudara di dunia mencapai 5 juta jiwa.
Seperti halnya beberapa tanaman yang telah diketahui sebagai penghasil senyawa antikanker, biota laut juga diketahui telah digunakan untuk mengobati penyakit kanker khususnya kanker payudara (Hariana, 2006). Dari penelitian pendahuluan yang telah dilakukan oleh Udin dkk (2015), diketahui bahwa beberapa isolat kapang yang diisolasi dari biota laut masing-masing mengekspresikan sifat antioksidan dengan IC50 > 100 ppm. Data ini menggambarkan bahwa ada kemungkinan agen/senyawa antikanker dan juga turunannya dapat dihasilkan oleh mikroba endofitik yang terkandung dalam jaringanbiota laut. Namun demikian, sampai saat ini belum ada penelitian tentang adanya senyawa antikanker dari mikroorganisme endofitik yang bersumber biota laut.
Untuk mencapai keberhasilan tujuan penelitian ini, maka perlu dilakukan beberapa tahapan penelitian yang meliputi : (a) seleksi isolat kapang endofitik yang telah diisolasi dari jaringan biota laut dan ekstraksi senyawa/agen antikanker dari isolat kapang endofitik terpilih, yang akan dilakukan pada Tahun 2016. (b) Isolasi/pemurnian ekstrak aktif untuk mendapatkan senyawa/agen antikanker yang diiukuti dengan penentuan struktur dan penentuan sifat toksik dari senyawa/agen tersebut. Kegiatan ini akan dilakukan pada Tahun 2017-2018. (c) perbesaran skala fermentasi isolat kapang endofitik antikanker untuk tujuan uji keamanan senyawa/agen antikanker tersebut, yang akan dilakukan pada Tahun 2018. Selain itu, penelitian ini juga didukung dengan fasilitas laboratorium sitotoksik, fermentor, instrument analisa (FT-NMR, LC-MS) dan SDM.
Pada Tahun 2016 akan dilakukan kegiatan seleksi isolat kapang endofitik dari biota laut dan ekstraksi senyawa/agen antikanker dari isolat kapang endofitik terpilih, sehingga pada tahun pertama ini akan diperoleh target berupa isolat kapang endifitik yang mengekspresikan sifat antikanker dan ekstrak aktif antikanker dari isolat kapang endofitik terpilih.

Anggota Penelitian :

1. Linar Zalinar Udin
2. Lili Hermawan
3. Lia Meilawati
4. Faiza Maryani
5. Rizna Triana Dewi
ZONA INTEGRITAS