: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Pengembangan Metoda Analisa (Screening based Method) Bahan Kimia Berbahaya (Toxic Chemicals) Menggunakan Teknik Berbasis Kromatografi Gas dan NMR

Tahun : 2017

Dipa : Mandiri TA 2017

Bahan kimia berbahaya (toxic chemicals) banyak berada di sekitar kita, baik yang telah memapari lingkungan maupun yang masih terjaga di gudang bahan kimia. Walaupun keberadaan bahan berbahaya yang terpapar di lingkungan relatif kecil (trace level), namun penentuan analisa jenis dan kadarnya sangatlah penting untuk menghindari kesalahan penggunaan di atas ambang batas yang telah ditentukan. Oleh karena itu, analisa kualitatif dan kuantitatif toxic chemicals selain memerlukan metoda yang tepat, juga diperlukan peralatan yang bekerja baik dan memiliki kepekaan tinggi. Analisa toxic chemicals tidak hanya bertujuan untuk menjamin bahwa tidak ada bahaya pencemaran bahan kimia berbahaya di sekitar kita, namun juga berfungsi untuk mendukung terciptanya kapasitas laboratorium nasional dalam proses verifikasi bahan kimia berbahaya agar tidak disalahgunakan sebagai senjata kimia.
Kromatografi Gas (GC) merupakan instrumentasi analitik yang saat ini banyak digunakan untuk analisis senyawa kimia. GC dapat digunakan sebagai alat ukur utama dalam analisa toxic chemicals yang bersifat mudah menguap (volatile) dan/atau yang dapat dibuat menguap (dapat di-volatile-kan). Metode preparasi matriks contoh juga merupakan satu faktor penting yang harus diperhatikan. Sebelum menentukan metode preparasi contoh, baiknya dilakukan proses screening (analisa awal) untuk menentukan element senyawa yang akan dianalisa atau ditargetkan dari matriks contoh tersebut. Perpaduan metode screening dan analisa menggunakan GC dan NMR (Nuclear Magnetic Resolution) akan menyajikan ketepatan proses analisa toxic chemicals baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Pada penelitian kali ini, akan dilakukan penentuan toxic chemicals dari matriks sampel air yang mengandung unsur sulfur dan fosfor menggunakan GC-EI/MS dan NMR.

Anggota Penelitian :

Penelitian Lainnya

ZONA INTEGRITAS