: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

PEMBUATAN CONTOH PRODUK FRAKSI MINYAK ATSIRI SEBAGAI BAHAN BAKU KIMIA ADI

Tahun : 2017

Dipa : Mandiri TA 2017

Permintaan pasar untuk minyak atsiri baik di dalam negeri dan luar negeri semakin meningkat. Industri pangan, farmasi, dan kosmetik di dalam negeri merupakan pasar produk minyak atsiri atau turunan minyak atsiri. Potensi pasar minyak atsiri yang besar masih belum dimanfaatkan di dalam negeri, karena di Indonesia produksi minyak atsiri masih mengolah minyak atsiri kasar dan industri yang mengolah minyak atsiri menjadi produk turunannya masih terbatas. Produk turunan yang dibutuhkan yang dibutuhkan oleh industri pangan, farmasi dan kosmetik dalam negeri masih diperoleh melalui impor.
Minyak atsiri merupakan salah satu komoditas ekspor agroindustri potensial sebagai sumber devisa. Beberapa tanaman atsiri yang menjadi unggulan dan berkembang pesat di pasar dunia diantaranya Nilam, Sereh Wangi, Cengkeh, Jahe, Pala, Lada, Kayu Manis, Cendana, Melati, Akar Wangi, Kenanga, Kayu Putih dan Kemukus. Nilam merupakan salah satu andalan Indonesia di pasar dunia. Bahkan Indonesia tercatat sebagai pengekspor nilam terbesar di dunia. Namun eksport minyak atsiri Indonesia ke pasar dunia sebagian besar adalah produk setengah jadi atau belum menjadi turunannya atau minyak atsiri yang dimurnikan.
Dengan demikian peluang usaha minyak atsiri masih sangat besar mulai dari pertanian tanaman atsiri hingga industri pengolahan minyak atsiri. Di Indonesia terdapat asosiasi pengusaha minyak atsiri yaitu Dewan Atsiri Indonesia ( DAI ) sehingga diharapkan sumber daya alam yang begitu besar di Indonesia dapat dikembangkan secara maksimal untuk industri dalam negeri maupun luar negeri.
• Era Baru Ingridien Berbasis Alami
• Penciptaan Nilai Tambah Bisnis Minyak Atsiri b ==> Banyak Platform
Sebagai tindak lanjut hasil fraksionasi Minyak Atsiri, telah dilakukan sintesis beberapa turunan minyak Atsiri namun belum banyak didiseminasikan . Untuk itu perlu dilakukan pembuatan contoh produk hasil fraksionasi Minyak Atsiri sebagai contoh produk dan bahan promosi ke pihak industri juga guna diseminasi hasil litbang Atsiri PPKimia secara umum.
Kata Kunci: Contoh Produk Fraksi Atsiri, Fraksionasi.

Anggota Penelitian :

Penelitian Lainnya

ZONA INTEGRITAS