Polymer Chemistry

Polymer Chemistry

Latar Belakang Penelitian Keltian

Penelitian dan pengembangan kimia polimer diarahkan untuk menjawab permasalahan dan tantangan di masyarakat, industri nasional maupun internasional dalam bidang polimer sains dan teknologi serta aplikasinya. Untuk itu dilakukan sintesa dan modifikasi polimer untuk meningkatkan kualitas dan sifat-sifat kimia, fisik dan mekanik melalui modifikasi proses kimia. Dengan memperkuat kemampuan peneliti di bidang polimer sains dan teknologi serta aplikasinya melalui kerjasama, transfer ilmu dan memperluas jejaring dengan institusi nasional, industri dan pihak-pihak internasional terkait diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam kemajuan bangsa Indonesia.

Tujuan/ Fungsi/ Sasaran Keltian:

  • Menjawab permasalahan dan tantangan di masyarakat, industri nasional maupun internasional dalam bidang polimer sains dan teknologi serta aplikasinya 
  • sintesa dan modifikasi polimer untuk meningkatkan kualitas dan sifat-sifat kimia, fisik dan mekanik melalui modifikasi proses kimia

  • kerjasama, transfer ilmu dan memperluas jejaring dengan institusi nasional, industri dan pihak-pihak internasional terkait.

Kegiatan Penelitian Utama disertai deskripsi singkatnya :

1)  Sintesa katalis untuk produksi kimia adi dan pengembangan makromelekul untuk pelapisan, adsorben dan bahan pengemas.

  1. Energi
  2. Ketahanan pangan
  3. Material maju

2)  Implementasi penelitian dan kerjasama dengan industri terkait di bidang polimer sains dan teknologi.

Potensi Pengguna Penelitian Keltian:

Industri di bidang perminyakan, industri bahan makanan dan kemasan, industri plastik dan polimer, industri kosmetik, industri elektronik, industri coating.

ZONA INTEGRITAS