: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Teknologi Kimia

Teknologi Kimia

KELOMPOK PENELITIAN TEKNOLOGI PROSES KIMIA


Kemajuan teknologi tidak lepas dari munculnya berbagai bentuk inovasi yang dikembangkan oleh para ahli di bidangnya. Salah satunya bidang teknik kimia sebagai salah satu pilar teknologi. Inovasi dalam Produk dan Proses Kimia, Pendorong Kemajuan Masa Kini

Perubahan dalam bidang kimia kini terlihat dari ditemukannya beragam jenis material baru, baik dalam tahap riset, maupun yang sudah diterapkan dalam proses produksi skala besar.

Penelitian fluida superkritik di kombinasi dengan Ultra sonikasi dan Microwave Pretreatment juga mengundang ketertarikan. Dimana keunggulan teknologi fluida superkritik selain ramah lingkungan juga menghasilkan kualitas produk yang jauh lebih baik. Penerapan teknologi tersebut sangat luas dengan  Kualitas lebih baik dibandingkan diolah dengan metode konvensional.

Innovasi dan Keberlanjutan

Proses produksi memerlukan sumber daya, seringkali dalam jumlah yang tidak sedikit. Masalah ini  semakin buruk dengan masih tingginya penggunaan energi tidak terbarukan dalam proses produksi.

Inovasi dalam bidang kimia dapat juga diterapkan dalam penghematan dan pemanfaatan kembali sumber daya, Inovasi berkelanjutan dalam pengembangan suatu produk dibahas perlu memperhatikan ketersediaan teknologi, penerimaan pasar, selain juga mempertimbangkan keberlanjutan dari produk tersebut.

Kelompok Penelitian Teknologi Proses Kimia tidak hanya menjadikan inovasi sebagai bahasan, tetapi secara langsung mendorong inovasi dalam masyarakat. Salah satunya melalui program pengabdian masyarakat   dengan Hibah peralatan Destilasi Uap ke Kelompok Tani Hutan Mukti Tani, Kecamatan Pandeglang dengan kerjasama PT GRAHA ATSIRI INDONESIA.

Bekerja sama dengan Industri menengah Atsiri ( PT.SUMA dan PT GRASINDO) dalam kegiatan RIset Produksi dan Komersialisasi Bio Aditif turunan Minyak sereh wangi dengan dukungan Pendanaan Kemenristekdikti

Topik Penelitian

  • Katalis dan katalisis
  • Teknologi proses pemisahan dan pemurnian
  • Teknologi hidrotermal
  • Teknoekonomi exergy
  • Sistem manufaktur

 

Tim Peneliti

Koordinator: Dr. Nino Rinaldi

Anggota:

  1. Dr. Anny Sulaswatty
  2. Ir. Rakhman Sarwono, M.Eng.
  3. Egi Agustian, M.Eng.
  4. Dr. Aded Adid Dwiatmoko
  5. Teuku Beuna Bardant, M.Sc.
  6. Arief A.R. Setiawan, M.Eng.
  7. Arifuddin Fitriady, S.T.
  8. Raden Irni Fitria Anggraini, S.Si.

 

 

ZONA INTEGRITAS