: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Yenny Meliana Tampil dalam Episode Wanita Penemu di MTLB


Administrator, 18 Juli 2019

Jakarta, Humas LIPI. Dr. Yenny Meliana yang akrab dipanggil Melly, pada Rabu (17/07) melakukan syuting rekaman di Studio 3, Rajawali Televisi (RTV), Jakarta dalam acara Michael Tjandra Luar Biasa. Melly bersama bintang tamu yang lainnya, Dewi Nur Aisyah, peneliti dan travel blogger, berbagi kisah bagaimana menjadi ilmuwan perempuan.

Dalam acara bincang-bincang dengan host Michael, Melly menceritakan topik penelitiannya mengenai formulasi bahan baku antimalaria dari tanaman Artmeisia annua. Dengan teknologi nano, Melly dan tim risetnya berupaya membuat bahan baku obat yang berkualitas namun dengan harga produksi yang lebih rendah.

Dalam sesi berikutnya, Melly mengajarkan Michael cara membuat ekstrak dari bahan alami yang mudah ditemui sehari-hari, seperti semangka, manggis, dan serai. Praktik mengekstrak tersebut menggunakan peralatan gelas sederhana dari laboratorium.

Pada akhir acara, Melly berpesan kepada audiens yang umumnya pelajar dan mahasiswa agar tidak mudah menyerah. Dia pun mengakui bahwa lebih banyak menemui kegagalan saat melakukan formulasi di lab. “Namun  saat formula kita berhasil, semua kegagalan itu akan terbayarkan,” ujar Melly. (adl)

ZONA INTEGRITAS