Berita

Upayakan Segera Peroleh Akreditasi Sistem Manajemen Mutu KNAPPP, P2 Kimia Selenggarakan Audit Internal


Administrator, 07 Juni 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] Dalam rangka penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) KNAPPP, P2 Kimia melaksanakan Audit Internal SMM KNAPPP pada Rabu (6/6) sampai Kamis (7/6). Guna membantu pelaksanaan Audit Internal, P2 Kimia mengundang Dr. Fatimah Zulfah dari Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2 SMTP). Acara dibuka oleh Kepala P2 Kimia pada Rabu (6/6) yang bertempat di Ruang Rapat Utama P2 Kimia.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Dr. Fatimah Zulfah atas perkenannya membantu kami dalam pelaksanaan Audit Internal hari ini. Kegiatan ini merupakan agenda yang sudah direncakan oleh P2 Kimia dalam rangka perolehan akreditasi KNAPPP yang ditargetkan tahun ini,” ungkap Dr. Agus Haryono, Kepala P2 Kimia. Agus juga berpesan supaya seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Audit Internal dapat bekerjasama sehingga kegiatan berjalan dengan lancar.

Dr. Fatimah Zulfah memberikan sambutan sebagai perwakilan dari auditor. Dirinya mengapresiasi usaha yang telah dilakukan oleh P2 Kimia untuk menata sistem manajemen Litbang dengan mengikuti skema akreditasi KNAPPP. Dia pun berharap supaya P2 Kimia dapat segera memperoleh akreditasi dari Kementrian Ristekdikti.

“Pertama saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan P2 Kimia mengundang saya untuk terlibat dalam kegiatan ini. Tentunya penerapan SMM KNAPPP akan sangat membantu satuan kerja Pranata Litbang dalam membenahi manajemennya. Mudah-mudahan ke depannya prosesnya berjalan lancar dan P2 Kimia segera memperoleh akreditasi KNAPPP ini,” ujar Fatimah yang merupakan peneliti senior di P2 SMTP dan pernah menjabat sebagai Deputi di LIPI tersebut.

Berikutnya Dr. Galuh Widiyarti selaku Manajer Mutu SMM KNAPPP di P2 Kimia mengawali pelaksanaan Audit Internal dengan mengenalkan tim auditor dan seluruh auditi yang akan terlibat dalam dua hari itu.

“Audit Internal dua hari ini akan dipimpin oleh Dr. Fatimah Zulfah dengan anggota saya sendiri, Pak Arthur, Pak Didin, Bu Dian Burhani, Bu Zatil dan Pak Sudiyarmanto,” papar Galuh mengawali penjelasannya.

“Adapun auditi yang akan terkait yaitu Pak Agus, Pak Adep selaku ketua PME, seluruh manajemen P2 Kimia, Koordinator Keltian dan juga anggota Keltian,” lanjut wanita yang merupakan peneliti bidang kimia bahan alam di P2 Kimia tersebut.

Akhirnya pelaksanaan Audit Internal hari pertama, Rabu (6/6) pun dimulai. Masing-masing auditor melakukan tanya-jawab dengan auditi termasuk mengecek dokumen-dokumen terkait. Kegiatan hari pertama tersebut berlangsung dengan lancar. Pelaksanaan audit pun sampai melewati jam kerja P2 Kimia yang berakhir lebih awal dari biasanya dikarenakan menyesuaikan jam kerja pada bulan suci Ramadhan.

Hari kedua, Kamis (7/6), kegiatan audit kembali dilanjutkan mulai pagi hari. Auditor dan auditi nampak begitu serius mengikuti pelaksanaan audit. Hingga akhirnya, setelah semua auditor telah menyelesaikan tugasnya untuk mengecek penerapan SMM sesuai dengan lingkupnya, diadakan pertemuan penutupan pelaksanaan Audit Internal untuk memaparkan temuan-temuan dalam kegiatan dua hari tersebut. Dian Burhani, M.T. selaku anggota tim auditor diberikan mandat untuk menyampaikan temuan-temuan dari pelaksanaan Audit Internal.

“Merupakan hal yang dimaklumi bahwa dalam penerapan awal sebuah sistem manajemen masih ditemukan ketidakseuaian di sana-sini. Ini merupakan langkah perbaikan dan peningkatan dalam pelaksanaan sistem manajemen mutu,” papar Dian saat mempresentasikan temuan-temuan dari pelaksanaan Audit Internal SMM KNAPPP tersebut.

Untuk menutup acara, Dr. Arthur Lelono selaku Kabag Tata Usaha mewakili Kepala P2 Kimia menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada tim auditor dan seluruh auditi atas kelancaran pelaksanaan audit tersebut. Arthur berujar bahwa P2 Kimia berkomitmen untuk sesegera mungkin melakukan tindakan perbaikan dari seluruh temuan Audit Internal yang telah dilaksanakan.

“Hasil ini akan kami bawa ke rapat rutin manajemen dan keltian supaya temuan-temuan dari audit internal ini segera ditindaklanjuti. Saya mewakili P2 Kimia menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya khususnya kepada Bu Fatimah dan seluruh auditor serta auditi atas kelancaran pelaksanaan audit internal dua hari ini. Temuan-temuan ini akan menjadi bekal bagi kita bersama untuk meningkatkan kualitas kita sebagai satker Pranata Litbang,” pungkas Arthur, sekaligus mengakhiri pelaksanaan audit internal dua hari itu. <sjw, p2k>

ZONA INTEGRITAS