: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Terus Berkolaborasi Guna Cegah Penyebaran COVID-19, LIPI Serahkan Hand Sanitizer dan Disinfektan kepada Danone Indonesia


Administrator, 17 April 2020

Serpong, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Danone Indonesia telah bekerja sama mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19) dengan melakukan produksi dan pembagian hand sanitizer dan disinfektan. Pada hari Kamis (16/4) LIPI menyerahkan sebanyak 4050 botol hand sanitizer berukuran 250 mililiter (1 ton) dan 15 drum disinfektan berukuran 200 liter (3 ton) kepada Danone Indonesia di Pusat Penelitian Kimia (P2 Kimia) LIPI, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Kepala P2 Kimia LIPI, Yenny Meliana, menjelaskan bahwa kerja sama LIPI dengan Danone Indonesia ini merupakan bentuk nyata kolaborasi antara lembaga penelitian dan pengembangan pemerintah dengan pihak swasta dalam berkontribusi membantu pencegahan penyebaran virus Corona di Indonesia. “Ini merupakan upaya kita untuk membantu dalam menghadapi pandemi COVID-19, harapan kedepannya mudah-mudahan ini bisa bermanfaat di masyarakat,” terang Meliana.

LIPI dengan dukungan Danone Indonesia telah memproduksi hand sanitizer dan disinfektan di fasilitas pilot plant laboratorium P2 Kimia LIPI. Egi Agustian dan Yan Irawan, peneliti yang turut memproduksi kedua produk tersebut, menambahkan bahwa hingga hari LIPI telah memproduksi lebih dari 5 ton hand santizer dan 37 ton disinfektan.  

Murtijo selaku Senior External Relation Danone Indonesia mengungkapkan bahwa kerja sama ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Danone dan LIPI untuk berkontribusi mengurangi beban masyarakat di bidang kesehatan. “Untuk pendistribusian selanjutnya kami akan menyalurkannya ke Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, dan Gugus Tugas COVID-19 di masing-masing kabupaten, sebagian juga akan diberikan ke puskesmas dan juga instansi-instansi pemerintah yang membutuhkan, sedangkan disinfektan akan disalurkan ke wilayah terdekat,” jelasnya.

Dalam rangka berkontribusi dalam kegiatan penanggulangan COVID-19, Pusat Penelitian Kimia LIPI terus melakukan penelitian dan pengembangan terkait dengan kesehatan, seperti nanosilver, antibakteri untuk alat pelindung diri (APD), obat herbal terstandar (OHT), penambah daya tahan tubuh, dan juga rapid test kit. Tujuannya agar bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat. (whp/ ed. adl)

 

ZONA INTEGRITAS