: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Terima Kunjungan Delegasi Kedutaan Denmark, P2 Kimia Ungkap Potensi Riset Limbah Sawit dan Bioplastik


Administrator, 11 Oktober 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] Kamis (11/10), Pusat Penelitian Kimia (P2 Kimia) LIPI menjadi tuan rumah konsorsium antar lembaga riset yaitu BPPT, BATAN, LIPI, dan BALITBANGTAN dalam kunjungan Delegasi Kedutaan Demark. Acara yang berlangsung setengah hari tersebut dibuka oleh Kepala P2 Kimia LIPI, Dr. Agus Haryono. Dalam sambutannya, Agus menyampaikan bahwa dirinya sangat menyambut dengan hangat dan terbuka atas kedatangan para delegasi tersebut.

"Kami sangat senang mendapat kunjungan dari Kedutaan Denmark. Harapannya, ke depan dapat terjalin kerjasama yang lebih intens antara para peneliti dari Indonesia dengan peneliti dari Denmark," ujar Agus Haryono dalam sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan profile P2 Kimia LIPI oleh Dr. Athanasia Amanda Septevani. Amanda memberikan informasi tentang P2 Kimia secara umum termasuk hasil-hasil riset dan inovasi yang telah diperoleh P2 Kimia. Tidak lupa, sebagai Sekretaris PME P2 Kimia, Amanda juga menjelaskan rencana strategis penelitian di P2 Kimia.

“P2 Kimia telah melakukan sejumlah riset terkait pemanfaatan dan pengolahan limbah kelapa sawit dan bioplastik,“ papar peneliti yang menyelesaikan S3-nya di University of Queensland Australia ini.

Di tengah acara, Bayu Himawan selaku koordinator dan juga anggota konsorsium mewakili LSM Majulah Indonesia Tanag Airku (MITA) memaparkan tujuan dari pertemuan ini dan juga mengenalkan masing-masing delegasi lembaga.

“Tujuan dari konsorsium ini adalah untuk membuka kesempatan kolaborasi riset di bidang eko sains. Kita tahu bersama bahwa isu lingkungan memegang peran yang sangat strategis dewasa ini," ungkap Bayu.

Selain itu, acara juga menghadirkan sejumlah paparan dari tiap institusi. Direktur Pusat Teknologi Produksi Pertanian BPPT Budi Iskandar memaparkan penelitian mereka khususnya terkait argoindustri dan teknologi, serta bioindustrial dan teknologi. Dr. Yanti sebagai perwakilan Pusat Bioteknologi LIPI memaparkan riset mereka tentang animal science center. Teguh Wahyono (CIRA BATAN) menjelaskan kegiatan riset CIRA yang salah satunya berfokus kepada agrikultur. Pemaparan terakhir disampaikan oleh Kepala Pusat Kerjasama di Bidang Lingkungan Kedutaan Denmark, Morten Holm Van Donk.

“Negara kami tertarik mengembangkan riset biowaste dan mengajak lembaga penelitian di Indonesia baik swasta maupun pemerintah serta perguruan tinggi untuk mendukung program tersebut,“ jelas Morten. “Pendanaan riset dapat berupa projek ataupun beasiswa pendidikan,” lanjutnya.

Dr. Agus Haryono menutup acara sekaligus mengungkapkan harapannya agar konsorsium ini dapat terealisasi dengan baik. Terakhir acara dilanjutkan dengan mengunjungi Laboratorium Bioplastik dan Pilot Plant Bioetanol G2 P2 Kimia dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Pusat Teknologi Produksi Pertanian BPPT yang berada di Kawasan Puspiptek juga. <OA/p2k, ed:aars>

ZONA INTEGRITAS