Berita

Studi Lapangan FKIP UKI di P2 Kimia


Administrator, 22 Mei 2017

[Berita P2 Kimia, Serpong] Rabu, 10 Mei 2017, 23 mahasiswa dan 5 dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia (FKIP UKI) mengunjungi P2 Kimia LIPI di kawasan Puspiptek Serpong-Tangerang Selatan. Mereka datang untuk mengenal lebih dekat laboratorium analisa instrumen kimia yang ada di P2 Kimia LIPI.

 

Acara tersebut diselenggarakan mengacu kepada Peraturan Mendikbud no. 73 tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi, dimana dalam pelaksanaan proses pembelajaran berpusat kepada mahasiswa (Student Centered Learning/SCL).

 

“Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UKI merupakan salah satu bentuk pembelajarannya yakni memberikan pengalaman dalam pembuktian secara langsung di lapangan/dunia nyata tentang teori yang terdapat dalam materi perkuliahan, “ ujar Nova salah seorang dosen yang mendampingi mereka.

 

Intrument analisa kimia yang diperkenalkan yaitu NMR, FTIR, DT/TGA, HPLC, dan GCMS.  Para mahasiswa calon guru ini menyimak dengan seksama setiap detil penjelasan dari operator alat – alat tersebut sehingga mereka paham fungsi dan cara kerjanya.

 

23 mahasiswa dibagi menjadi 5 kelompok dan setiap kelompok didampingi 1 orang dosen, dan pemandu P2 Kimia LIPI. Para pemandu itu yaitu Luthfiana, Feni Amriani, M. Arifudin Fitriady, Rohmana Taufik dan Eni Suryani yang mengantarkan tiap kelompok ke masing-masing laboratorium secara bergantian. Di masing-masing instrument, sudah siap peneliti P2 Kimia yang menjelaskan Fungsi dan kegunaan alat-alat tersebut, NMR dijelaskan oleh Megawati, DT/TGA oleh Fauzan Aulia, FTIR oleh Yenni Apriliani, HPLC oleh Asri Lestari dan GCMS oleh Salahudin.

 

Acara pun diakhiri dengan penyerahan plakat dari UKI dan berfoto bersama. <ES/ p2 kimia>

ZONA INTEGRITAS