: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Sosialisasikan Prosedur Operasional Kerja (POK) 2018 di Kedeputian IPT LIPI, Deputi Tekankan Target Kinerja Peneliti


Administrator, 08 Maret 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] Di tengah semakin dituntutnya disiplin dan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN), Pusat Penelitian Kimia LIPI pada hari Kamis (8/3) mengadakan 'Sosialisasi Prosedur Operasional Kerja Kedeputian IPT'. Acara yang dilaksanakan pada jam 08.30–10.00 WIB ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang semakin kondusif, transparan, dan berkeadilan khususnya di Kedeputian IPT LIPI.

Acara ini dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI Dr. Agus Haryono dan dihadiri 60 orang terdiri dari Kepala Bagian/Bidang, Kepala Sub Bagian/Bidang, Peneliti dan Kandidat Peneliti. Hadir sebagai pembicara utama adalah Deputi IPT LIPI Dr. Laksana T. Handoko yang memaparkan presentasi tentang ‘Perhitungan Penilaian Tunjangan Kinerja Berbasis Indikator Keluaran'. Handoko menyampaikan bahwa sebagai wujud nyata dari implementasi Reformasi Birokrasi (RB), dirinya telah merumuskan sasaran kerja yang harus dicapai oleh seluruh staf di Lingkungan Kedeputian IPT. Khusus untuk peneliti, Handoko memberikan target supaya setiap peneliti dapat menghasilkan publikasi ilmiah di jurnal terindeks global di akhir tahun kegiatan.

“Ruang lingkup Prosedur Operasional Kerja (POK) ini adalah berlaku untuk seluruh personil di Lingkungan Kedeputian IPT dengan SKP berbasis kegiatan penelitian. Diharapkan POK ini akan memacu kinerja seluruh personil dan memberikan acuan yang jelas terkait sasaran kinerja yang harus dicapai,“ ungkap Handoko.

Dalam sesi diskusi tanya jawab, dapat disimpulkan bahwa indikator keluaran baik sendiri atau bersama-sama terekam di publikasi tahun terkait. Deputi akan mengecek secara langsung hasil kerja dari personil di Lingkungan Kedeputian IPT. Hasil pengecekan ini akan menjadi dasar penetapan reward dan punishment di tahun yang akan datang.

“Peneliti tidak boleh bermental hanya siap kerja dan kerja saja, tetapi harus bermental Professor yaitu memiliki ide penelitian untuk dikerjakan sendiri atau bersama-sama dan bisa mencarikan dana penelitiannya,“ pesan Handoko yang saat ini juga menjabat sebagai Plt. Sekretaris Utama LIPI.

Diskusi tidak dapat berlangsung lama karena Deputi IPT LIPI harus mengikuti acara lain yaitu Peletakan Batu Pertama Gedung CPOTB (Cara Pembuatan Obat Yang baik) di tempat sama di Pusat Penelitian Kimia LIPI bersama Plt. Kepala LIPI, dan undangan. (ES/P2K)

ZONA INTEGRITAS