: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

SMA Santa Laurensia BSD Kunjungi Puslit Kimia LIPI


Administrator, 19 Februari 2020

Serpong, Humas LIPI. Sebanyak 30 pelajar yang didampingi 2 orang guru SMA Santa Laurensia BSD, melakukan Wisata Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dengan mengunjungi Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Kimia - LIPI), pada Rabu, 19 Februari 2020. Tujuan Wisata IPTEK bagi para pelajar ini yaitu menambah wawasan dan mengasah pola pikir dari dunia teori dan dunia kerja.

Para pelajar yang baru menginjak kelas X ini antusias mendengarkan penjelasan Kepala Bidang Pengelolaan Penelitian, Akhmad Darmawan tentang asyiknya bereksperimen dengan ilmu kimia serta kegiatan apa saja yang diteliti di P2 Kimia - LIPI, seperti obat, pangan, energi, dan plastik ramah lingkungan. Dua orang siswa yang minat dengan penelitian, bertanya akan kegunaan fitoplankton apakah bisa digunakan sebagai bahan untuk antikanker. “Sebaiknya cari dulu literatur tentang bahan atau senyawa antikanker yang sudah ada,” jelasnya.

Antusiasme juga tampak saat mengunjungi laboratorium Kimia Polimer, laboratorium Kimia Bahan Alam, dan Pilot Plant Bioetanol. Peneliti P2 Kimia, Roni Maryana, Eka Triwahyuni, M. Ghozali, dan M. Hafiizh menjelaskan nama alat dan untuk apa alat tersebut. “Kunjungan ini sangat bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan para pelajar,” ungkap guru yang mendampingi siswa-siswi Santa Laurensia.

Setelah selesai kunjungan para pelajar kembali ke ruang berkumpul untuk mengisi Survey Kepuasan Masyarakat (SKM), sehingga instansi mengetahui capaian layanan edukasi untuk para pelajar sudah mencukupi atau perlu ditingkatkan lagi. Peserta diberi kenang-kenangan berupa plastik ramah lingkungan yang bergambar logo LIPI dan tabel unsur periodik. (es/ ed. adl)

ZONA INTEGRITAS