: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

SMA Pradita Dirgantara Belajar dan Berwisata Ilmiah di P2 Kimia - LIPI


Administrator, 11 Juli 2019

Serpong, Humas LIPI. Saat Suasana pagi yang masih segar, Pusat Penelitian Kimia – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2K - LIPI) menerima kunjungan dari SMA Pradita Dirgantara, Solo, pada Kamis (11/7) di Serpong, Banten. Terdapat rona keceriaan dan semangat pada mereka untuk mengenal P2K - LIPI lebih dekat. Kunjungan tersebut dilakukan untuk menambah wawasan dan pengalaman pembelajaran baru selain didapatkan di sekolah.

Ke-50 orang siswa kelas XI dan 5 orang guru pembimbing diterima dan dibuka oleh Dini Chandra Sekar, Kepala Subbagian Tata Usaha P2 Kimia – LIPI. “Selamat datang dan selamat mengunjungi laboratorium yang ada di P2K,” sambutnya. Dini berharap pada kunjungan ini, siswa mendapatkan pengetahuan lebih yang dapat dimanfaatkan kedepannya.

Sementara Sofa Fajriah, Manajer Mutu memaparkan bahwa P2 Kimia - LIPI terdiri dari delapan kelompok penelitian, yakni Catalysis and Material Chemistry, Biomass Energy, Polymer Chemistry, Analytic and Environment Chemistry, Food Chemistry, Natural Product Chemistry, Medical Chemistry, dan Technology Prosess Engineering. Ada empat gedung lab penelitian, yaitu lab P2 Kimia - LIPI, lab Standar Nasional Standar Ukuran (SNSU), Polymer Chemistry,  dan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB).

Usai perkenalan, rombongan berkesempatan untuk melihat laboratorium seperti Lab Karakterisasi Material, Lab Gas Chromatography-Mass Spectrometry, Lab High Performance Liquid Chromatography, dan Lab Liquid Chromatography-Mass Spectrometry, Lab Bioetanol, dan Lab CPOTB.

Pada kesempatan yang sama, Arif Sugianto selaku pembimbing berujar, “kami dari SMA Pradita Dirgantara belajar ke sini karena atas perintah B.J.Habibie, agar siswa untuk datang ke Puspiptek.” “Kami berharap siswa mendapat banyak ilmu pengetahuan baru karena mereka banyak bertanya,” tambahnya. Arif berharap setelah siswa kembali ke sekolah, mereka dapat mendiskusikan ilmu yang didapat di sini, kemudian mereka dapat mempresentasikan kepada adik-adik kelasnya.

Sebelum pulang mengakhiri kunjungan mereka berkumpul kembali di ruangan untuk mengisi IKM (indeks kepuasan masyarakat) suatu kuesioner pengunjung tentang kepuasan layanan di P2K. Ketika ditanya tentang manfaat kegiatan kunjungan ini, salah seorang siswa berkata bahwa kegiatan ini dapat membuka wawasan ke arah depan bagi siswa, terutama di bidang Kimia. Indonesia membutuhkan teori dan praktis untuk dijadikan solusi dalam mengatasi berbagai macam permasalahan yang ada. Mudah-mudahan siswa-siswa ini kelak dapat menjadi penerus peneliti di bidang kimia yang tanggung jawab dan andal. (es,har/ ed. adl)

ZONA INTEGRITAS