: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Sinergi dan Kolaborasi Penelitian PUI Bioetanol G2 dan PUI Bioindustri Perkebunan


Administrator, 20 Juni 2019

Serpong, Humas LIPI. Bertempat di Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Kimia – LIPI), Serpong, Banten, pada Rabu (19/06/2019) dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama Penelitian dan Pengembangan Produksi Bioetanol Generasi Kedua dari Limbah Tanaman Industri dan Penyegar. Naskah perjanjian kerjasama tersebut ditandatangani oleh Dr. Agus Haryono selaku Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) – LIPI dan Syafaruddin, Ph.D. selaku Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar – Kementerian Pertanian.

Sinergi penelitian perlu dilakukan untuk mempermudah dan mempercepat komunikasi antar lembaga penelitian di Indonesia dalam membentuk kolaborasi riset yang lebih baik.

Plt. Kepala P2 Kimia - LIPI yang diwakili oleh Kepala Subbagian Tata Usaha, Dini Chandra Sekar dalam pembukaanya menyampaikan bahwa PUI di P2 Kimia – LIPI ini merupakan tahun kedua sejak penetapannya sebagai PUI.

“Kami senang dengan adanya kerja sama ini, karena sesuai dengan yang sudah diprogramkan oleh PUI, bahwa PUI perlu berkolaborasi dengan PUI lainnya,” ujar Dini. “Semoga dari hasil diskusi yang didapatkan pada hari ini menjadi langkah pertama untuk memulai kerja sama ini,” tambahnya.

Sementara Dr. Agus Haryono dalam sambutannya menyatakan bahwa PUI Bioetanol generasi kedua ini adalah PUI pertama yang ada di P2 Kimia - LIPI. Sebagai informasi, masing-masing pusat yang ada di kedeputian IPT telah mempunyai satu PUI.

Dr. Agus berharap masing-masing PUI bisa bersinergi dengan PUI yang lain yang ada di tempat lain. Termasuk yang ada di badan litbang di pertanian. Ini bisa saling mengoptimalkan potensi-potensi pada masing-masing PUI. Di P2 Kimia - LIPI diharapkan nanti tidak hanya PUI Bioetanol generasi kedua, tapi juga bisa muncul PUI-PUI baru yang dapat memunculkan keunggulan-keunggulan yang ada.

“Sinergi semacam ini menjadi  penting guna mempermudah atau mempercepat komunikasi yg aktif antara lembaga-lembaga litbang dalam membentuk kolaborasi yang lebih baik,” tambah Deputi.

Dalam kesempatan yang sama, Syafaruddin, Ph.D. berharap mendapat saran dan masukan dari teman-teman LIPI. Apabila memungkinkan kerja sama dengan LIPI dapat berlanjut lagi ke tahun dua, ketiga, hingga tahun-tahun berikutnya. (har/ ed. adl)

ZONA INTEGRITAS