Berita

Rombongan Santri Pesantren Tahfidzh Al-Qur’an Daarul ‘Uluum Lido Kunjungi P2 Kimia


Administrator, 14 November 2017

[Berita P2 Kimia, Serpong] Sebanyak 38 santri Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Daarul ‘Uluum Lido, Sukabumi didampingi oleh 5 ustadz pengajar mengunjungi P2 Kimia pada Selasa (14/11/2017). Acara ini terselenggara melalui koordinasi antara Pesantren Daarul ‘Uluum Lido dan PUSPIPTEK. P2 Kimia dan Balai Bioteknologi BP2T menjadi instansi dalam kawasan PUSPIPTEK Serpong yang menjadi pilihan santri dalam kunjungan tersebut.

“Adik–adik pasti sudah pernah dengar dong penamaan kimia seperti alkana, alkena dan alkohol. Tapi tahukah adik-adik, sebenarnya awalan 'Al' itu datang darimana?“ tanya Teuku Beuna Bardant M.Sc., mengawali diskusi untuk memancing minat para santri.

“Awalan 'Al' itu datang dari awalan 'Al' dalam bahasa Arab yang serupa dengan awalan 'The' pada bahasa Inggris, 'Le' pada bahasa Perancis atau 'La' pada bahasa Spanyol. Mungkin mirip 'Si' dan 'Sang' dalam bahasa Melayu kita. Penamaan ini sebenarnya adalah warisan kekhalifahan islam yang mencerminkan kemajuan pemahaman ilmuwan muslim dalam ilmu kimia. Motivasinya adalah untuk menyempurnakan ibadah. Ilmuwan muslim meneliti cara menguji alkohol untuk bisa menentukan mana minuman halaal dan mana yang haram,” terang peneliti muda P2 Kimia itu di pelataran pilot plant bioethanol P2 Kimia.

“Kami turut berbahagia menerima kunjungan para santri hari ini karena jarang ada pesantren yang mengunjungi lembaga penelitian seperti kami. Harapan kami, kunjungan ini bisa membangkitkan gairah adik adik untuk semakin menekuni ilmu pengetahuan bagi kemaslahatan manusia,” sambungnya.

Para santri sempat diperkenalkan dengan program-program LIPI untuk remaja yaitu LKIR (Lomba Karya Ilmiah Remaja), NYIA (National Young Inventor Awards), PIRN (Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional), dan program teranyar yaitu LIPI Goes to School. Selanjutnya para santri secara bergiliran mengunjungi laboratorium-laboratorium P2 Kimia. Santriwan dan santriwati sangat antusias menanyakan kegunaan dan cara kerja instrumen analisa yang tersedia di P2 Kimia seperti Liquid Chromatography-Mass Spectrophotometer, Gas Chromatography, Bruener-Emmer-Teller Particle Analyzer dan Nuclear Magnetic Resonance Spectrophotometer.

“Subhanallah. Kami sangat berterima kasih sekali dengan sambutan dan pengalaman yang kami dapatkan hari ini dari kunjungan ke P2 Kimia. Tujuan awal kami sebenarnya adalah untuk menjalin silaturahim dengan para peneliti dari LIPI. Harapan kami, kunjungan ini bisa menjadi pembuka jalan untuk kerjasama yang lebih bermanfaat di kemudian hari. Kami akan berusaha untuk lebih berpartisipasi pada program-program LIPI untuk remaja,” tutup Mulyadi, salah seorang ustadz yang mendampingi kunjungan santri sebelum berpamitan dan beranjak mengunjungi instansi selanjutnya. <TBB/p2k>

ZONA INTEGRITAS