: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Rombongan Kedutaan Jerman Jajaki Kolaborasi Riset di P2 Kimia


Administrator, 15 Januari 2019

[Berita P2 Kimia, Serpong] Mengawali tahun 2019, Pusat Penelitian Kimia (P2 Kimia) mendapat kehormatan kunjungan dari Kementerian Federal Pendidikan dan Penelitian (BMBF), Republik Federal Jerman. Sekitar 13 delegasi hadir mewakili intitusi Jerman baik itu lembaga penelitian (Julich dan Franhaufer), serta perguruan tinggi (TU Clausthal, TU Bergakademie Freiberg, dll). Kunjungan bertempat di ruang rapat P2 Kimia pada hari Selasa (15/1). Acara tersebut tidak hanya dihadiri oleh P2 Kimia sebagai tuan rumah, tetapi juga dihadiri oleh Pusat Penelitian Fisika (P2 Fisika) dan Pusat Penelitian Metalurgi (P2 Metalurgi).

Kunjungan kali ini bertujuan untuk membuka peluang kerjasama kolaborasi riset German-Indonesia dalam berbagai aspek: ekonomi, kebijakan, kimia, material sains, dan lingkungan. Sebagai pembuka, Dr. Arthur A. Lelono selaku Kepala Bidang Pengelolaan Penelitian P2 Kimia memaparkan secara umum profil P2 Kimia.

“Saat ini P2 Kimia sangat intens dalam pengembangan bahan alam sebagai bahan baku obat traditional maupun fungsional pangan”, terang Arthur.

Setelah itu perwakilan P2 Metalurgi memaparkan secara singkat terkait penelitian apa yang ada ditempat mereka. Terakhir, Dr. Rike Yudianti selaku Kepala P2 Fisika yang memaparkan penelitian yang ada di tempat mereka.

Presentasi dilanjutkan oleh Dr. Svann Langguth selaku perawakilan Kedutaan Jerman. Beliau memperkenalkan siapa saja yang turut hadir dalam pertemuan tersebut. Masing-masing dari mereka kemudian memperkenalkan diri dan menjelaskan bidang penelitian mereka serta apa yang ingin mereka dapatkan.

Forum diskusi dibuka setelah masing-masing memaparkan profil dan tujuan masing-masing. Diskusi terjadi secara hangat. Sayangnya karena keterbatasan waktu, acara disudahi dan para tamu kunjungan dipersilahkan untuk mengunjungi beberapa laboratorium P2Kimia.

“Semoga pertemuan ini dapat membuka kesempatan untuk membangun kerjasama riset ke depannya, “ harap Arthur di akhir acara. <OA/p2k>

ZONA INTEGRITAS