Berita

Reakreditasi Laboratorium, Tim Asesor KAN Apresiasi Pusat Penelitian Kimia


Administrator, 29 September 2017

[Berita P2 Kimia, Serpong] Dalam rangka proses reakreditasi sistem manajemen mutu Laboratorium Pusat Penelitian Kimia, Kamis sampai Jum’at (28-29/09/2017) dilakukan asesmen oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Asesmen ini dimaksudkan untuk menilai kesesuaian penyelenggaraan laboratorium dengan standard SNI ISO/IEC 17025:2008. Bertindak sebagai tim asesor yaitu Dr. Komar Sutriah (asesor kepala), Dr. Aminuddin Sulaeman dan Yusmaria Novelina, M.Si (asesor anggota). Adapun lingkup yang diases adalah pengujian senyawa organik menggunakan FTIR, pengujian senyawa organik menggunakan GC-MS, pengujian logam berat dalam air menggunakan AAS, pengujian luas permukaan, dan pengujian ukuran partikel (particle size).

Untuk mengawali acara, Kamis (28/09/2017), Dr. Agus Haryono selaku Manajer Puncak Laboratorium Pusat Penelitian Kimia memberikan sambutan sekaligus membuka acara asesmen.

“Pertama-tama kami ucapkan selamat datang kepada tim asesmen KAN di P2 Kimia. Kami sangat senang pagi ini memperoleh kesempatan untuk dilakukan asesmen terhadap sistem manajemen laboratorium kami. Harapan kami, melalui kegiatan ini, penyelenggaraan laboratorium semakin baik,” ujar Agus yang merupakan Kepala P2 Kimia. Kemudian, Agus memperkenalkan tim manajemen mutu yang mengelola laboratorium penguji di P2 Kimia.

Komar Sutriah, selaku ketua tim asesor lalu memberikan sambutan sekaligus memperkenalkan anggota timnya. “Selaku ketua tim asesor, saya menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan laboratorium Bapak/Ibu terhadap KAN. Kedatangan kami di sini pada prinsipnya adalah untuk memotret laboratorium Bapak/Ibu terkait kesesuaian dengan standard SNI ISO/IEC 17025:2008,” buka Komar dalam sambutan awalnya.

“Saya perkenalkan tim kami, yaitu saya sendiri Komar Sutriah dari IPB. Disamping saya Pak Aminuddin Sulaeman dari ITB, dan terakhir Bu Yusmaria Novelina dari BBIA Bogor. Saya akan melakukan asesmen terhadap manajemen secara umum (klausul 4). Pak Aminuddin akan melakukan asesmen untuk lingkup pengujian senyawa organik dengan FTIR dan GC-MS. Sedangkan Bu Yusmaria akan melakukan asesmen untuk lingkup pengujian logam berat dalam air minum, ukuran partikel, dan luas permukaan,” lanjut pria yang merupakan staf pengajar di Institut Pertanian Bogor tersebut.

Memulai proses asesmen, Dr. Akhmad Darmawan selaku Manajer Mutu Laboratorium Pusat Penelitian Kimia memberikan pemaparan umum terkait sistem manajemen yang dikembangkan P2 Kimia. “Kami telah mengembangkan sistem berbasis web untuk mengarah kepada paperless. Seluruh personel laboratorium dapat mengakses dokumen secara on-line di jaringan intra kimia. Hal ini memudahkan dalam hal sosialisasi sistem mutu dan pendistribusian dokumen. Kami juga merekam pelaksanaan pengujian secara on-line, mulai dari penerimaan sampel sampai dengan hasil analisa. Melalui sistem ini, pengecekan pelaksanaan pengujian dan pendokumentasiannya menjadi lebih efektif,” papar Akhmad dalam presentasinya.

Selanjutnya, rangkaian asesmen dimulai dimana masing-masing asesor melakukan audit terhadap setiap lingkup yang sesuai. Acara hari pertama pun berlangsung dengan lancar. Setiap auditi nampak dengan antusias menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tim asesmen. Diskusi juga berjalan hangat sehingga tanpa terasa waktu berlalu dengan cepat. Akhirnya asesmen hari pertama berakhir sekitar pukul 16.00 WIB seiring berakhirnya jam kerja di P2 Kimia.

Memasuki acara hari kedua, Jum’at (29/09/2017) di pagi harinya, kegiatan asesmen dilanjutkan oleh masing-masing asesor dan auditi terkait. Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB tersebut berlangsung dengan lancar. Menjelang istirahat siang, pelaksanaan asesmen berakhir dengan dilakukannya pertemuan penutup. Komar Sutriah selaku asesor kepala memberikan pemaparan terkait temuan-temuan (finding) dari kegiatan asesmen yang berlangsung dua hari tersebut.

“Tim asesor mengapresiasi apa yang sudah dicapai oleh Laboratorium Pusat Penelitian Kimia dalam mengimplementasikan sistem manajemen mutu sesuai standard SNI ISO/IEC 17025:2008. Secara umum, laboratorium telah melaksanakan kegiatan pengujian dengan baik. Adapun beberapa temuan yang kami potret selama kegiatan dua hari ini, diharapkan dapat menjadi modal bagi Bapak/Ibu untuk terus melakukan peningkatan secara berkelanjutan. Kami juga menyampaikan terimakasih atas kerjasama Bapak/Ibu selama kegiatan ini berlangsung,” Komar menyampaikan dalam pertemuan penutup.

Untuk mengakhiri rangkaian acara, Dr. Yenny Meliana selaku Deputi Manajer Puncak menutup kegiatan asesmen. “Atas nama P2 Kimia, kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada KAN yang telah berkenan melakukan asesmen dalam rangka reakreditasi laboratorium. Juga kepada asesor atas saran dan masukannya kepada laboratorium P2 Kimia. Terus terang, banyak hal yang kami pelajari selama pelaksanaan asesmen ini. Sesuai yang telah dijadualkan, kami akan melakukan tindakan perbaikan atas temuan-temuan dari tim asesmen,” tutur Yenny menutup kegiatan asesmen selama dua hari tersebut. <SJW/ P2 Kimia>

ZONA INTEGRITAS