: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Rambu-rambu Berinovasi Bidang Ilmu Kimia


Administrator, 26 September 2020

Sepong, Humas LIPI. Generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Puslit Kimia LIPI) menaruh perhatian besar pada pembinaan remaja Indonesia, terutama di bidang inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kimia. Indri Badria Adilina, salah satu peneliti Puslit Kimia LIPI, membagikan pengetahuan dan pengalamannya dalam program ‘Ngapel’ (Ngobrol Bareng Peneliti) pada Jumat (25/9). Acara bertema Rambu-rambu Berinovasi di Bidang Ilmu Kimia, disajikan secara live pada melalui kanal Instagram Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) LIPI.

Indri menjelaskan bahwa inovasi merupakan suatu pengembangan ide yang memiliki 3 poin yaitu baru, bermanfaaat bagi masyarakat luas, dan mempunyai nilai jual di industri. Tujuan dari inovasi adalah untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, berbagai inovasi mutlak diperlukan untuk mengatasi wabah agar segera berakhir. “Metode yang tepat dalam berinovasi di masa pandemi adalah menemukan sesuatu yang baru, misalnya obat,” jelas Indri. “Kemudian melihat fasilitas atau bahan yang tersedia di alam, mencari tim yang satu visi, serta penelitian itu hendaknya mudah direplika/diulang oleh orang lain,” lanjutnya.

Mengenai bahan alam yang layak dikonsumsi terutama di masa pandemi, Indri memaparkan bahwa bahan alam yang merupakan campuran senyawa harus diekstrak terlebih dahulu dengan berbagai pelarut, lalu difraksinasi, dan dianalisa struktur apa yang diinginkan. Jika sudah diperoleh senyawa murninya, lalu diuji lagi. Hasil yang didapatkan harus aman dan tidak mempunyai efek samping. “Secara kasat mata, bahan alam yang layak dikonsumsi memang tidak terlihat, sehingga harus dilakukan pengkajian secara ilmiah,” ujar pemenang L’Oreal Science Program 2013 ini.

Terakhir, Indri menyampaikan pesan dan kesannya untuk generasi sains Indonesia. “Kimia tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari, jadi, pastikan inovasi di bidang Kimia bermanfaat untuk peningkatan kualitas hidup dan menjawab pertanyaan saat ini,” pungkasnya. (nh/ ed. adl)

ZONA INTEGRITAS