: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Puslit Kimia LIPI Selenggarakan Simposium Internasional LCA


Administrator, 12 Juni 2019

Pada Rabu, (12/06/2019) Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Puslit Kimia LIPI) mengadakan acara International Symposium on Life Cycle Assessment (LCA) Inventory Database 2019.  Acara dimulai pukul 09.30 WIB dengan dipandu oleh Melati Septiyanti sebagai pembawa acara. Pak Arthur Plt. Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI mengawali acara simposium LCA dengan mengucapkan apresiasi kepada para pembicara dan peserta yang hadir. Selanjutnya, Arief A.R. Setiawan sebagai ketua penyelenggara memberikan sambutan bahwa tujuan acara ini dalam rangka pengembangan dan inventarisasi basis data LCA di Indonesia. 

Sesi materi pertama, dipandu oleh moderator Dr. Ahmad Randy, dimulai dengan presentasi Dr. Edi Iswanto Wiloso mengenai Life Cycle Assessment Research and Application in Indonesia. Materi Overview and Case Studies of IDEA disampaikan berikutnya oleh Dr. Kiyotaka Tahara. Dilanjutkan dengan Government Support Toward LCA Application in Indonesia oleh Fitri Harwati dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutananan. Sesi pertama ditutup dengan presentasi dari Koichi Shobatake TCO2 Co. tentang Practical Use of IDEA on SimaPro.

Setelah istirahat, sesi materi kedua, dimoderatori Dr. Osi Arutanti, Dr. Jessica Hanafi yang mewakili Indonesian Life Cycle Assessment Network (ILCAN) menyajikan materi Indonesian Life Cycle Inventory Database Platform Initiative. Berlanjut dengan LIPI’s Capacity in Scientific Database Development to Support Life Cycle Inventory dari perwakilan Pusat Penelitian Informatika LIPI, Dr. Yan Rianto. Acara general discussion  tentang LCA yang dipandu oleh Arief mengakhiri sesi kedua. Dalam acara ini peserta diminta juga berpartisipasi mengisi kuesioner LCA yang dipandu oleh Teuku Beuna Bardant. Kegiatan International Symposium on LCA Inventory Database 2019 (ISoLID 2019) menghadirkan sebanyak 48 orang peserta yang terdiri dari institusi pemerintah, praktisi industri, pengajar, peneliti, dan pelajar. (adl, es)

ZONA INTEGRITAS