: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Puslit Kimia LIPI Persiapkan Supervisi PUI Bioetanol G2 2019


Administrator, 20 Juni 2019

Serpong, Humas LIPI. Sejak pagi pukul 09.00 WIB, Rabu (20/06/2019), bertempat di Rumah Makan Remaja Kuring Ciater BSD, tim PUI (Pusat Unggulan IPTEK) Bioetanol G2 Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Puslit Kimia LIPI) mulai melakukan rapat koordinasi. Rapat tersebut dilakukan dalam rangka persiapan supervisi PUI Bioetanol G2.

Prof. Yanni Sudiyani sebagai Pembina PUI mengutarakan pengantar bahwa pertemuan ini bertujuan untuk kelancaran pembuatan laporan PUI. “Dalam PUI, nilai atau poin yang bagus adalah di atas 800 poin, sehingga harus melaporkan apapun kegiatan yang menyangkut bioetanol, termasuk publikasi, paten, mahasiswa, dan lain-lain,” terang Prof. Yanni.

Rapat dilanjutkan dengan paparan Muryanto sebagai ketua tim kerja B yaitu R & D Capacity tentang ringkasan dan rencana dan pembagian kerja tim. Koordinator Keltian Kimia Polimer Dr. Yenny Meliana memaparkan telah menerbitkan paper di Journal Plastic Rubber and Composites. Dr. Osi Arutanti mewakili Keltian Material dan Katalisis, menyampaikan capaian kegiatan antara lain kerja sama dengan Jepang dan menjadi pembicara di Bangkok.

Keltian Energi dan Biomassa yang diwakili Eka Triwahyuni menyampaikan capaian hasil riset yaitu kerja sama dengan Pertamina berakhir Juli 2019 dengan penggunaan pilot plant untuk pengembangan bioetanol dan biobutanol, kegiatan Insinas, serta kerja sama dengan KIST - Korea.

Joko Waluyo dari Keltian Lingkungan dan Analitik memaparkan hasil riset seperti LCA teh, pemanfaatan limbah lindi hitam untuk absorben limbah tekstil, dan kegiatan Insinas. Keltian Teknologi Proses diwakili Yan Irawan memaparkan capaian hasil riset yaitu kegiatan Insinas dan kerja sama dengan Pertamina.

Dalam sesi diskusi mengenai pilot plant, sebaiknya bisa digunakan untuk proses produk yang akan didesiminasikan tidak hanya bioetanol, tetapi yang lain juga. Prof. Yanni turut mengusulkan ada kegiatan peningkatan kompetensi bagi tim PUI atau sivitas Puslit Kimia LIPI, seperti kursus bahasa Inggris atau public speaking. Rapat dilanjutkan dengan sesi pengisian target capaian PUI termasuk diseminasi. (es/ ed. adl)

ZONA INTEGRITAS