Berita

PT Futami F&B: Besar Harapan, Penelitian P2 Kimia Dapat Diaplikasikan di Tempat Kami


Administrator, 06 Oktober 2017

[Berita P2 Kimia, Serpong] Dalam rangka menginisiasi kerjasama penelitian antara PT Futami Food & Beverage dengan P2 Kimia, Jum’at (6/10/207) perwakilan dari perusahaan yang berlokasi di Caringin, Bogor tersebut berkunjung ke P2 Kimia. Rombongan yang terdiri dari empat orang itu dipimpin oleh Irianton Daely. Diterima oleh Sujarwo, Kasubbid Kerjasama P2 Kimia, rombongan dipersilakan untuk menuju ruang rapat lantai 2. Hadir dari P2 Kimia yaitu Dr. Ajeng Arumsari, Muryanto, dan Feni Amriani, peneliti kimia lingkungan.

“Selamat datang kepada kolega dari PT Futami ke kantor kami. P2 Kimia sebagai salah satu satuan kerja di LIPI memiliki kelompok penelitian Biomass and Environmental Chemistry. Kelompok penelitian ini sangat konsen dengan permasalahan lingkungan. Seperti Bu Ajeng yang selama ini fokus mengembangkan teknologi untuk pengolahan limbah. Oleh karena itu, kami sangat senang apabila dapat bekerjasama dengan PT Futami untuk mengaplikasikan hasil penelitian P2 Kimia,” ungkap Sujarwo membuka pertemuan tersebut.

Selanjutnya, Irianton selaku pimpinan rombongan dari PT Futami memperkenalkan profil perusahaannya. “Plant PT Futami berlokasi di Jl. Mayjen H.E. Sukma Km 18 Caringin Bogor. Kami fokus pada produksi minuman seperti teh, korma, dan sari buah. Perusahaan kami telah tersertifikasi halal dari MUI, ISO 9001, ISO 22000 dan Proper dari KLHK,” papar Irianton memperkenalkan profil perusahaannya. Lalu, pria yang merupakan Plant Manajer tersebut memperkenalkan timnya dan menyampaikan tujuannya berkunjung ke P2 Kimia kali ini.

Irianton menungkapkan bahwa perusahaannya tertarik untuk bekerjasama mengaplikasikan penelitian P2 Kimia dalam bidang pengolahan limbah. Setelah membaca profil P2 Kimia, dia kemudian mengetahui bahwa P2 Kimia melakukan penelitian tentang elektrokoagulasi. Berawal dari berkomunikasi dengan Dr. Ajeng Arumsari selaku ketua tim peneliti pengolahan limbah di P2 Kimia, Irianton berinisiatif untuk berdiskusi secara lebih detail.

“Kami berharap penelitian yang dilakukan P2 Kimia nantinya dapat diaplikasikan di tempat kami. Salah satu penelitian yang kami baca yaitu tentang elektrokoagulasi. Perusahaan kami sangat tertarik dengan teknologi ini. Oleh karena itu kami sangat antusias apabila ke depan dapat bekerjasama dengan P2 Kimia untuk mengembangkan dan mengaplikasikan di tempat kami,” lanjut Irianton menjelaskan maksud kedatangannya ke P2 Kimia.

Muryanto, peneliti kimia lingkungan P2 Kimia memberikan pemaparannya terkait hasil penelitian pengolahan limbah. ”Kami telah melakukan beberapa percobaan aplikasi terhadap berbagai macam limbah industri. Dari hasil penelitian kami, elektrokoagulasi cukup efektif diterapkan pada skala laboratorium termasuk limbah dari pabrik makanan dan minuman. Akan tetapi, untuk skala industri memang perlu dilakukan penelitian lebih lanjut,” Muryanto menjelaskan dalam pemaparannya.

Kemudian diskusi hangat pun terus berlanjut antara peneliti P2 Kimia dengan perwakilan dari PT Futami. Tanpa terasa waktu berlalu dengan cepat sehingga acara yang berlangsung setengah hari tersebut pun berakhir. Sebagai tindaklanjut dari pertemuan tersebut, berikutnya kedua belah pihak sepakat untuk menyusun perjanjian kerjasama antara PT Futami dengan P2 Kimia. <sjw/ p2k>

ZONA INTEGRITAS