: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Propolis, Anugerah Tuhan melalui Sarang Lebah


Administrator, 03 Juni 2021

Serpong, Humas LIPI. Andrianopsyah Mas Jaya Putra, peneliti dari Pusat Penelitian Kimia – Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI)/ Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), menjadi narasumber di webinar berjudul "Propolis : Anugerah dari Tuhan melalui Sarang Lebah". Webinar tersebut diselenggarakan oleh Yayasan Nano Center Indonesia (NCI), pada Rabu (2/6).

Dalam presentasinya, Andrianopsyah menjelaskan bahwa propolis berasal dari bahasa Yunani, yang artinya getah dari sarang lebah. “Propolis berasal dari getah pohon yang dikumpulkan oleh lebah, lalu propolis digunakan oleh lebah untuk membungkus sarangnya,” ujarnya.

Dirinya menyampaikan bahwa propolis mengandung minyak atsiri yang memiliki aroma yang khas. “Propolis mengandung senyawa organik golongan flavonoid, makin gelap warna propolis, makin banyak kandungan flavonoid di dalamnya,” terangnya.

“Senyawa flavonoid berfungsi sebagai anti oksidan, pencerah kulit, tabir surya, imunodulator, anti-virus, anti-kanker, anti-diabetes, anti-kolesterol, penurun tekanan darah, penurun kadar asam urat, dan membantu mengatasi obesitas dan kelelahan,” urai Andrianopsyah.

Menurut lulusan doktor dari Universitas Indonesia ini, Indonesia telah melakukan penelitian tentang penggunaan propolis untuk penanggulangan infeksi akibat COVID-19 sejak tahun 2020. “Selain hasil itu, berdasarkan jurnal internasional yang terbit pada  tahun 2014, dijelaskan bahwa propolis dapat  membantu mengobati penyakit DBD (dengue),” tuturnya.

“Dibandingkan dengan madu, propolis hanya perlu dosis sedikit untuk menimbulkan efek anti-bakteri. Telah ditemukan pula khasiat propolis  untuk  membantu mengobati gusi berdarah, tukak lambung, dan luka luar,” imbuh peneliti bidang Farmasi ini.

Sebagai pamungkas, Andrianopsyah mengungkapkan ada perbedaan antara propolis dalam negeri dan luar negeri. “Propolis Indonesia mengandung senyawa flavonoid lebih beragam karena berasal dari tanaman yang beragam. Sementara propolis luar negeri komposisinya lebih konsisten karena berasal dari tanaman yang sejenis. Namun keduanya memiliki khasiat yang hampir setara,” jelasnya. (mfn/ ed. adl)

ZONA INTEGRITAS