: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Profesor Prancis Isi Kuliah Tamu di Puslit Kimia LIPI


Administrator, 07 Januari 2020

Serpong, Humas LIPI. Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Kimia - LIPI) yang diinisiasi oleh Himpunan Polimer Indonesia mengadakan kuliah tamu pada Selasa (7/1), di Ruang Manganese, lt.2, P2 Kimia LIPI, Gd. 452. Kuliah ini menghadirkan Profesor Gilles Ausias dari Université de Bretagne Sud, Prancis. 

Prof. Ausias memiliki latar belakang studi dari teknik mesin hingga memiliki kepakaran dalam ilmu material. Prof. Ausias menyampaikan presentasi mengenai Additive Manufacturing. Bagaimana penerapannya dari dalam laboratorium menjadi proyek kerjasama dengan industri. 

Dalam riset laboratorium, Ausias berfokus pada material komposit dari serat, polimer termoplastik, serta termoset. Dengan Additive Manufacturing ini, Prof. Ausias beserta timnya mengembangkan proses baru dalam pembuatan material, yaitu pencampuran material dalam prosesnya. 

Saat mengerjakan proses ekstrusi, Prof. Ausias menggunakan robot, sehingga kerjasama penelitian berlangsung lebih cepat. Sebagai contoh, dalam kerjasama pembuatan kap Peugeot 208 hanya diperlukan waktu sekitar dua minggu, satu minggu untuk mendesain cetakan dan minggu berikutnya untuk persiapan robot ekstrusi dan proses pencetakan. 

Peralatan penunjang proses laboratorium Prof. Ausias adalah mesin pencetak tiga dimensi dan piranti lunak seperti Abaqus dan Comsol. Selain itu, sebagai penelitian yang menggunakan serat dalam prosesnya, maka dilakukan juga analisis terhadap orientasi serat dan velositasnya melalui piranti lunak. 

Prof. Ausias juga menjelaskan mengenai topologi dan optimasi. Pada ptimalisasi topologi diperlukan adanya spesifikasi, optimasi, pencetakan 3D, dan pengujian mekanik.    

Seusai sesi presentasi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Peserta menanyakan mengenai perbandingan proses antara Additive Manufacturing dan proses yang telah ada sebelumnya. Prof. Gilles menjabarkan bahwa Additive Manufacturing ini bertujuan untuk membuat prototipe dalam jumlah yang sedikit dan dengan bentuk yang kompleks. 

Pertanyaan berikutnya mengenai ada tidaknya studi yang sudah dilakukan mengenai perbandingan proses Additive Manufacturing. Prof. Ausias menekankan kembali bahwa tujuan dari Additive Manufacturing adalah untuk membantu di sekitarnya, sebagai contoh pada rumah sakit di dekat universitas tempatnya mengajar.

Sesi tanya jawab ditutup dengan pertanyaan kemungkinan kolaborasi PP Kimia LIPI dengan Université de Bretagne Sud. Prof. Ausias menjawabnya dengan tangan terbuka perihal kesempatan kerjasama tersebut. 

Sebagai apresiasi dari P2 Kimia LIPI kepada Prof. Ausias, pada akhir acara diadakan penyerahan tanda mata dari P2 Kimia LIPI, yang diberikan Kepala P2 Kimia LIPI, Dr. Yenny Meliana. Prof. Ausias beserta seluruh peserta acara pun tak lupa untuk berfoto bersama. (adl)

Sumber : Dr. Witta Kartika Restu

ZONA INTEGRITAS