: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Potensi Teknologi Nanoselulosa di Bidang Kesehatan untuk Penanganan COVID-19


Administrator, 09 Juli 2020

Serpong, Humas LIPI. Nanoselulosa adalah salah satu inovasi nanomaterial berbasis polimer alam yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan di berbagai bidang. Sektor kesehatan terutama, karena ketersediaannya yang melimpah, bersifat biokompatibel, tidak beracun, dan stabil di alam. Dengan karakteristik sifat mekanik, fisik, dan kimia yang sangat unggul, nanoselulosa mampu mendukung peningkatan kualitas produk hasil. 

Sebagai salah satu penghasil serat selulosa terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan penelitian dalam menjawab tantangan kebutuhan produk-produk kesehatan. Berkontribusi dalam menghasilkan inovasi dalam penaggulangan pandemi COVID-19 saat ini.

Dalam webinar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bertema Nanocellulose in Health Sector and the Potential Insight into COVID-19 Countermeasures pada Kamis (9/7), Athanasia Amanda Septevani, peneliti Pusat Penelitian Kimia – LIPI, mengungkapkan potensi nanoselulosa dalam aplikasi biomedis di tengah pandemi yang terjadi saat ini. “Banyak sekali keuntungan yang diperoleh dari nanoselulosa ini, apalagi selulosa sejauh ini merupakan sumber biopolimer terbanyak yang tersedia di bumi, baik dari tanaman maupun bukan”, jelasnya.

Pratheep Kumar Annamalai dari The University of Queensland, Australia menjelaskan bahwa nanoselulosa merupakan bahan aditif fungsional yang berkelanjutan untuk material pelindung. “Material pelindung ini bisa dimanfaatkan dalam pembuatan APD (Alat Pelindung Diri) yang sangat dibutuhkan saat ini terutama oleh tenaga medis untuk mencegah penularan COVID-19”, ungkapnya. Selain itu, nanoselulosa ini juga dapat dimanfaatkan dalam kemasan pangan pintar, guna menjaga kesegaran makanan yang lebih lama.

Saharman Gea dari Universitas Sumatera Utara, memberikan penjelasan tambahan bahwa bakteri selulosa juga berguna dalam aplikasi biomedis.

Seiring dengan adanya inovasi di bidang nanoselulosa ini, diperlukan juga peralatan canggih yang memadai sebagai sarana pendukung. Dhaval Patel dari Waters pacific Pte Ltd menjelaskan berbagai peralatan yang dapat digunakan untuk menganalisis karakterisasi polimer yang berguna dalam penelitian dan pengembangan di bidang nanoselulosa.

Penyelenggaraan webinar ini merupakan salah satu upaya LIPI dalam mengungkap potensi nanoselulosa di Indonesia terutama dalam bidang kesehatan serta prospeknya dalam membantu penanganan COVID-19 yang juga didukung dengan teknik karakterisasi analitik baru untuk pemahaman sifat material polimer terkait. (nh/ ed. adl)

ZONA INTEGRITAS