: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Pertamina dan P2 Kimia Rumuskan Kerjasama Pemanfaatan Limbah Biomasa untuk Energi Terbarukan


Administrator, 15 Februari 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] Kamis (15/02) P2 Kimia kembali menyambut kedatangan tim litbang dari PT. Pertamina (Persero) di ruang rapat utama P2 Kimia LIPI. Tujuan pertemuan kali ini sebagai pendalaman lebih lanjut mekanisme kerjasama penelitian yang disepakati pada pertemuan sebelumnya.

Seiring dengan semakin terbatasnya bahan bakar berbasis fosil dan meningkatnya kesadaran energi yang ramah lingkungan, maka pengembangan energi terbarukan menjadi semakin penting. Oleh karenanya, dalam pertemuan tersebut, pengembangan energi terbarukan berbasis limbah biomasa, yaitu bioethanol generasi kedua, menjadi topik utama kerjasama penelitian.

Kedatangan tim Pertamina disambut hangat oleh Kasubbid Diseminasi dan Kerjasama P2 Kimia, Sujarwo S.Si. Rapat dipimpin langsung oleh Prof. Yanni Sudiyani selaku Pembina Tim Pusat Unggulan IPTEK (PUI) Bioetanol Generasi Kedua 2018. Hadir dalam acara ini, para peneliti P2 Kimia yang mewakili kelompok penelitian yang berkaitan, diantaranya Yan Irawan, M.T., Dr. Nino Rinaldi, Dian Burhani M.T. Muryanto M.T. Pertemuan juga dihadiri oleh Dr. Rr Trisanti Anindiyawati dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, dan para peneliti lainnya.

“Dalam pertemuan ini, kami akan memaparkan program kerja serta sejauh mana penelitian tentang pengembangan bioethanol generasi kedua di P2 Kimia LIPI telah dilakukan,” ujar Prof. Dr. Yanni Sudiyani saat membuka pertemuan.

Selanjutnya, masing-masing perwakilan kelompok penelitian di P2 Kimia mempresentasikan penelitiannya. Yan Irawan sebagai presenter pertama memaparkan penelitiannya yang berjudul “Pengembangan Sistem Kontinyu Delignifikasi Tandan Kosong Kelapa Sawit”. Dilanjutkan oleh Dr. Nino Rinaldi yang menyampaikan penelitiannya yang berjudul “Pengembangan Teknologi Konversi Katalitik Etanol menjadi Butanol”.

Sebagai presenter ketiga, Dian Burhani M.T memaparkan tentang “Proses Fermentasi Bioetanol”. Dilanjutkan dengan Muryanto M.T. yang menyampaikan penelitiannya berjudul “Life Cycle Assessment Bioetanol Generasi Kedua”. Dan terakhir, Dr. Rr Trisanti Anindiyawati menyajikan penelitiannya dari sudut pandang yang berbeda, yaitu tentang “Produksi Enzim Rekombinan Selulose”.

Pihak Pertamina sangat antusias menyimak setiap materi yang disampaikan sehingga terjadi diskusi yang sangat kondusif. Dr. Septhian Marno mempresentasikan latar belakang hingga mekanisme kerjasama yang disepakati oleh kedua belah pihak. Diskusi hangatpun berlangsung agar terhindar dari miskonsepsi dan mispersepsi.

Tanpa terasa waktu berjalan dengan cepat. Setelah kurang lebih 3 jam, pertemuan selesai dan ditutup oleh pemimpin rapat. Diharapkan, pertemuan kali ini membawa LIPI selangkah lebih maju untuk berkontribusi dalam mengembangkan energi terbarukan. Tidak hanya untuk LIPI atau Pertamina, tetapi kerjasama ini juga bermanfaat bagi bangsa Indonesia secara umum. <OA/P2 Kimia>

ZONA INTEGRITAS