Berita

Perkaya Materi Perkuliahan, P2 Kimia Fasilitasi Praktikum Mahasiswa International University Liaison Indonesia (IULI)


Administrator, 28 Maret 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] Mahasiswa dari Food Technology dan Chemical Engineering International University Liaison Indonesia (IULI) berkesempatan mengikuti One day training on introduction of analytical instrument for chemical analysis di Laboratorium Pusat Penelitian Kimia (P2 Kimia) LIPI. Tujuan dari kegiatan sehari ini adalah untuk mengenalkan dan belajar mengoperasikan alat-alat analisa seperti High Performence Liquid Chromatography (HPLC), Gas Chromatography Mass Spectrometry (GCMS) dan Atomic Absorption Spectroscopy (AAS). Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu (27/3) dan diikuti oleh 12 peserta yang didampingi 1 orang dosen pendamping dari IULI. Rombongan disambut oleh Hendris Hendarsyah, Kasubbid. Sarana Penelitian Kimia Khusus dan Sujarwo, Kasubbid. Diseminasi dan Kerjasama P2 Kimia.

“Kami ucapkan selamat datang kepada Pak Tutun Nugraha dan adik-adik mahasiswa IULI. Kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara P2 Kimia LIPI dengan Faculty of Life Sciences IULI. Mudahan-mudahan dapat memberikan manfaat sebagai bekal adik-adik ke depannya,” buka Sujarwo mengawali kegiatan pagi itu.

Kemudian Hendris memberikan penjelasan singkat tentang kegiatan hari itu dan beberapa peraturan umum yang berlaku di Laboratorium P2 Kimia. Hendris berpesan supaya seluruh peserta mengikuti arahan dari instruktur di laboratorium guna kelancaran pelaksanaan acara hari itu. 

“Nantinya adik-adik akan dibagi ke dalam tiga kelompok. Masing-masing kelompok akan mencoba melakukan analisa menggunakan HPLC, GCMS dan AAS. Silakan untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya dari rekan-rekan kami di laboratorium dan jangan segan untuk bertanya,” ujar Hendris memberikan penjelasan.

Berikutnya mahasiswa IULI melakukan kegiatan di masing-masing laboratorium sesuai dengan kelompok yang sudah dibagi. Untuk memandu kelancaran acara, Mahayar Ependi dan Eni Suryani dari Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian mendampingi pelaksanaan kegiatan sehari tersebut. Mahasiswa nampak begitu antusias melakukan praktikum di laboratorium mulai dari menyiapkan larutan standard, membuat kurva kalibrasi sampai dengan melakukan pengukuran menggunakan instrumen. Diskusi hangat pun berlangsung selama praktikum.

Setelah kegiatan praktikum selesai, para peserta berkumpul untuk mendiskusikan hasil kegiatan sehari tersebut. Dr. Tutun Nugraha selaku dosen pendamping dari IULI mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswanya. Banyak hal yang dipelajari selama mahasiswa melakukan praktikum di laboratorium.

“Atas nama IULI saya sangat berterima kasih kepada P2 Kimia yang telah menyambut dan memfasilitasi anak-anak kami dengan baik. Saya yakin, anak-anak memperoleh banyak pengalaman dalam kegiatan hari ini. Mereka sebenarnya telah memperoleh dasar-dasar teori di kelas. Melalui kegiatan ini, anak-anak dapat mempraktikan langsung bagaimana menggunakan instrumen analitik,” ungkap Tutun.

Saat diminta memberikan komentar dan kesannya, seorang mahasiswa, Bhisma Satya mengungkapkan bahwa praktikum yang sudah dilakukan hari itu sangat bermanfaat untuk dirinya. Bhisma menilai banyak hal serta pengalaman baru diperolehnya di laboratorium.

“Kami jadi tahu bagaimana tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk menganalisa bahan. Mulai dari persiapan alat, pembuatan kurva kalibrasi, sampai dengan mengolah data. Ini akan menjadi bekal bagi kami yang ke depannya akan melanjutkan penelitian di Jerman untuk menyelesaikan skripsi,” Bhisma memberikan komentar dan kesan berkenaan praktikum sehari yang diikutinya. <ES/ p2k; ed: SJW>

 

Berita Terkait:

https://www.iuli.ac.id/p/iuli-students-at-the-research-center-for-chemistry-in-lipi-puspiptek/

ZONA INTEGRITAS