: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Peneliti Kimia LIPI Tampilkan Hasil Riset dan Isi Talkshow dalam ITD Expo 2019


Administrator, 25 Juli 2019

Jakarta, Humas LIPI. Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menggelar acara pameran hasil-hasil penelitian skala laboratorium dan skala industri yang didanai dari Program Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (INSINAS) dan Program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI) di Main Atrium LIPPO Mall Puri, Jakarta Barat. Acara yang bertajuk “Industrial Technology Development (ITD) Expo 2019” berlangsung selama dua hari, 24 - 25 Juli 2019.

Beberapa hasil riset satker LIPI Kawasan Serpong turut berpartisipasi dalam pameran tersebut. “JOZA, krim antiselulit”, hasil penelitian Dr. Yenny Meliana dari Pusat Penelitian Kimia LIPI. Sementara dari Pusat Penelitian Fisika menampilkan “Sensor Kebencanaan, penelitian Optoelektronik”, hasil penelitian Dr. Bambang Widiyatmoko, “Baterai Lithium Merah Putih”, hasil penelitian Dr. Bambang Prihandoko, dan Nanobubble hasil penelitian Prof. Nurul Taufiqu Rochman.

Selain berpartisipasi dalam pameran, Yenny Meliana yang merupakan anggota tim pengkaji bahan kimia di Konvensi Rotterdam PBB, menjadi salah satu narasumber yang tampil pada acara talkshow ‘Industry x Research’. Yenny berbagi kisah melakukan penelitian krim antiselulit dari bahan alami ekstrak jahe dan pegagan dari mulai merintis, uji coba dan uji klinis formulasi penelitian tersebut sampai 5 tahun, hingga menjadi produk yang siap dipasarkan bersama mitra industri PT Nanotech Herbal Indonesia.

Dengan diadakannya acara pameran dan talkshow di LIPPO Mall Puri ini diharapkan masyarakat bisa memperoleh pengetahuan tambahan terkait kebijakan dan program pemerintah yang selalu mendorong kegiatan penelitian, demikian Muhammad Dimyati selaku Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti mengungkapkan dalam pembukaan acara. (es/ ed. adl)

ZONA INTEGRITAS