: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Penandatanganan Kerja Sama Riset Deteksi COVID-19 RT-LAMP LIPI dan BioSM


Administrator, 30 Juli 2020

Serpong, Humas LIPI. Bermaksud melegalkan kerja sama yang sudah berjalan, Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Kimia LIPI) dan PT Biosains Medika Indonesia (BioSM) mengadakan pertemuan penandatanganan perjanjian kerja sama di ruang rapat Mangenese, lantai 2, Pusat Penelitian Kimia, Serpong, pada Kamis (30/7).

Hadir dari BioSM Rifan, Direktur, dan Arief, Manajer Pengembangan Bisnis, dari dari P2 Kimia Yenny Meliana dan peneliti Tjandrawati, serta dari Kerja Sama dan Humas Kawasan Serpong LIPI. Selain acara penandatanganan, pertemuan itu untuk membahas rencana pengembangan alat deteksi COVID-19 RT-LAMP (reverse transcription loop-mediated isothermal amplification) yang risetnya dilakukan oleh Tjandrawati dan tim P2 Kimia, serta BioSM.

RT-LAMP termasuk produk riset unggulan LIPI yang saat ini terus ditunggu progresnya hingga siap diproduksi massal, dan diluncurkan ke pasar. RT-LAMP akan diposisikan sebagai alternatif standar pengujian di bawah RT-PCR (reverse transcription polymerase chain reaction) yang saat ini menjadi standar rujukan utama, dengan akurasi yang akan bisa menyamai.

Dalam proses pengembangan RT-LAMP, LIPI dan BioSM membutuhkan arahan dan dukungan dari instansi-instansi terkait, seperti Kemenristek/BRIN, Kementerian Kesehatan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan lembaga uji lainnya.

 Rifan dari BioSM yang bergerak di bidang penyedia alat kesehatan dan laboratorium tersebut mengungkapkan bahwa dirinya bangga bisa bekerja sama dengan LIPI. Dirinya menambahkan bahwa dengan adanya PKS ini bisa jadi payung untuk kegiatan riset yang lain. (adl)

ZONA INTEGRITAS