: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

P2 Kimia Mengajak Kaum Terpelajar Indonesia Dalam dan Luar Negeri untuk Bergabung Mengembangkan Karier Sebagai Peneliti


Administrator, 21 September 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali membuka kesempatan bagi kaum terpelajar Indonesia untuk berbakti kepada negeri sebagai peneliti Indonesia. Berita gembira ini telah disahkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 71 tahun 2018 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Tahun Anggaran 2018. Hal yang menarik dalam kesempatan tahun ini adalah LIPI memberikan alokasi khusus untuk diaspora Indonesia.

Pada keterangan lanjutannya dalam surat keputusan tersebut, diaspora dimaknakan sebagai warga negara Indonesia yang menetap di luar Indonesia dan memiliki paspor Indonesia yang masih berlaku serta bekerja sebagai tenaga profesional di bidangnya, yang dibuktikan dengan dokumen paspor Indonesia yang masih berlaku dan surat rekomendasi dari tempat yang bersangkutan bekerja minimal selama 2 (dua) tahun.

Pusat Penelitian Kimia (P2 Kimia) sendiri memberikan kesempatan untuk menjadi Peneliti Ahli Muda dan Peneliti Ahli Pertama. Tersedia 6 posisi untuk Peneliti Ahli Muda yang disediakan untuk 3 pelamar dalam negeri dan 3 pelamar diaspora. Kualifikasi untuk posisi tersebut adalah telah meraih gelar Doktor (S-3) di bidang ilmu kimia/ teknik kimia/ teknik lingkungan/ ilmu material/ biokimia/ teknik material/ farmasi/ kedokteran/ kedokteran hewan/ ilmu pangan/ teknologi pangan/ ilmu gizi/ ilmu hayati/ mikrobiologi. Sementara untuk posisi peneliti ahli pertama tersedia 4 posisi dengan masing masing 2 untuk pelamar dalam negeri dan diaspora. Kualifikasi yang dibutuhkan adalah magister di bidang keilmuan sebagaimana disebutkan di atas. Informasi lebih rinci mengenai prasyarat dan kualifikasi dapat ditinjau lebih lanjut berkas pengumuman terlampir.

Pusat Penelitian Kimia LIPI menanti Anda untuk berkiprah bersama kami dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di tanah air. Mari manfaatkan kemampuan dan pengetahuan yang Anda miliki sebagai suatu aksi nyata dalam mewujudkan cita-cita bangsa, mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Kepala Pusat Penelitian Kimia, Dr. Eng. Agus Haryono menyampaikan bahwa dirinya berharap agar putra-putri Indonesia yang sedang berkarir di luar negeri dapat memanfaatkan kesempatan ini. Menurut pria yang menyelesaikan studi sarjana sampai dengan doktornya di Jepang itu, iklim penelitian di Indonesia sekarang sudah lebih baik. Apalagi pemerintah terus mendorong agar daya saing bangsa Indonesia semakin meningkat melalui inovasi. Oleh karena itu diperlukan para peneliti yang handal untuk bekerja di pusat-pusat penelitian milik pemerintah khususnya.

"Pusat Penelitian Kimia LIPI sangat senang apabila putra-putri Indonesia yang potensial dapat bergabung sebagai peneliti di tempat kami. Mari bersama kita wujudkan Indonesia menjadi bangsa yang berdaya saing yang akhirnya mengantarkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia," ungkap Agus sekaligus memberikan motovasi. <bardant/p2k>

Informasi penerimaan CPNS di Lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) lebih lanjut klik disini.

ZONA INTEGRITAS