: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

P2 Kimia - LIPI Selenggarakan Pelatihan Audit Internal Guna Tingkatkan Kualitas Auditor Internal Laboratorium Terakreditasi ISO/IEC 17025:2017


Administrator, 08 November 2019

Serpong, Humas LIPI. Laboratorium P2 Kimia LIPI telah mendapatkan akreditasi ISO/IEC 17025:2017 sejak Februari 2019 lalu. Akreditasi tersebut mengukuhkan kompetensi P2 Kimia LIPI sebagai laboratorium penguji. Guna meningkatkan kualitas auditor internal, P2 Kimia menyelenggarakan Pelatihan Audit Internal SMM ISO/IEC 17025:2017 pada Kamis-Jumat (7-8/11). Untuk pelaksanaan pelatihan audit internal, P2 Kimia bekerjasama dengan Aljabar Training & Consulting (PT Aljabar Anugrah Selaras) selaku provider pelatihan dan konsultasi Sistem Manajemen Mutu (SMM). Hadir sebagai narasumber yaitu Yohanes Susanto Ridwan, Lead Asessor KAN. Bertempat di ruang Rapat KMK Lt 2, acara dibuka oleh Plt. Kepala P2 Kimia, Arthur Lelono. Dalam sambutannya, Arthur menekankan pentingnya akreditasi ISO/IEC 17025 bagi Laboratorium P2 Kimia.

"P2 Kimia memiliki komitmen untuk menjalankan SMM ISO/IEC 17025. Kita sebagai laboratorium penguji milik pemerintah akan terus berupaya memberikan pelayanan kepada stakeholder, sehingga akreditasi ISO/IEC 17025 merupakan sebuah kebutuhan," ujar Arthur dalam pembukaannya.

Arthur kemudian menjelaskan tentang program-progam P2 Kimia ke depan yang akan terus menjalin kolaborasi dengan pihak-pihak eksternal sehingga P2 Kimia harus dapat menjaga kepercayaan mitranya.

"Akreditasi ISO/IEC 17025 ini merupakan salah satu upaya kita untuk menjaga kepercayaan stakeholder, termasuk kepercayaan diri kita sendiri akan kualitas hasil pengujian," tambahnya.

Acara kemudian dipandu oleh Sofa Fajriah selaku Koordinator Mutu di Laboratorium P2 Kimia LIPI. Sofa memperkenalkan tim manajemen yang mengelola Laboratorium P2 Kimia LIPI. Setelah perkenalan, Sofa kemudian mempersilakan narasumber untuk menyampaikan pemaparan materi training yang akan berlangsung selama dua hari tersebut. Pada awal presentasinya, Yohanes Susanto Ridwan yang akrab disapa Santo, memberikan pengantar tentang ISO 19011:2018 sebagai panduan untuk melaksanakan audit sistem manajemen mutu. Selain itu, Santo juga menjelaskan gambaran umum struktur ISO/IEC 17025:2017 untuk memberikan penyegaran kembali kepada para calon auditor internal P2 Kimia.

Pada hari kedua, Jumat (8/11) peserta dibagi dalam beberapa kelompok dan diminta untuk melakukan simulasi audit. Setelah simulasi, perwakilan peserta diberikan waktu untuk memberikan pemaparan hasil-hasil temuan selama audit. Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan antusias dan diperoleh beberapa temuan-temuan ketidaksesuaian. Kemudian dilakukan diskusi untuk menyusun laporan audit internal dan rencana tindakan perbaikan dari temuan-temuan audit tersebut.

"Temuan ketidaksesuaian merupakan hal yang wajar dalam penyelenggaraan sistem manajemen. Temuan-temuan inilah yang akan menjadi bekal untuk laboratorium dalam upaya melakukan peningkatan secara terus-menerus sesuai prinsip manajemen mutu. Mudah-mudahan kegiatan dua hari ini memberikan bekal kepada rekan-rekan di P2 Kimia sehingga menjadi auditor internal bahkan eksternal yang handal ke depannya," ungkap Santo dalam sesi penutupan di hari itu. (sjw/ ed. adl)

 

ZONA INTEGRITAS