: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

P2 Kimia - LIPI pada Indonesia Science Expo (ISE) 2019


Administrator, 26 Oktober 2019

Serpong, Humas LIPI. Pada 23-26 Oktober 2019, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menggelar Indonesia Science Expo (ISE), di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Banten, Indonesia. Pusat Penelitian Fisika pada ISE 2019 ini berperan dengan menunjukkan hasil penelitian, menerima kunjungan para peserta, menjadi dewan juri LKIR, serta salah seorang peneliti meraih LIPI Young Scientist Award (LYSA) 2019.

Dalam booth LIPI, P2 Kimia memamerkan hasil penelitian berupa minuman fungsional fermentasi dari sayuran dan buah; fortifikasi asam folat untuk produk makanan bayi; bioplastik dan material maju dari limbah biomassa; tablet hisap ekstrak mengkudu; ekstrak bahan aktif dari alam; sistem cemaran berbasis silica; dan juga teknik analisa senyawa cemaran dalam produk pangan; serta produk teh Gambung untuk anti obesitas yang turut dalam sesi business matching.

P2 Kimia - LIPI juga menyelenggarakan International Symposium on Applied Chemistry (ISAC) yang merupakan bagian dari 10 konferensi Internasional yang diselenggarakan paralel pada ISE. Konferensi yang digelar sejak 2014 tersebut menghimpun sekitar 140 peneliti baik di dalam maupun luar negeri di bidang kimia terapan. Menjadi koordinator dalam kegiatan ini, yakni Dr. Osi Arutanti. Hadir dalam konferensi tersebut empat pembicara utama: Prof. Swapandeep Singh Chimni, Ph.D (Guru Nanak Dev University, India), Prof. Satoshi Nakai, Ph.D (Hiroshima University, Japan), Dr. Nur Alia Oktaviani (RIKEN, Japan), dan Prof. Dr. Andreas Kirschning (Leibniz University of Hannover, Germany).

Pada ISE 2019 Today and Beyond mengangkat tema “Biodiversity” sebagai bentuk apresiasi kekaguman dan meningkatkan kesadaran untuk menjaga keanekaragaman hayati Indonesia. Sementara tagline Today and Beyond dipilih karena sains tidak hanya untuk hari ini saja namun juga berkelanjutan.

Perhelatan sains tahun 2019 tersebut merupakan yang keempat kalinya, setelah penyelenggaraan pada tahun 2015, 2017, dan 2018.

Plt. Kepala Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas, Mila Kencana menyampaikan ISE 2019 telah menghimpun 50 eksibisi dari lembaga penelitian, perguruan tinggi, industri, dan UMKM. ISE tahun ini juga mengadakan pameran karya ilmiah remaja dan anak, pameran start-up teknologi, temu bisnis, konferensi ilmiah internasional, workshop, dan beragam ajang edukasi ilmiah untuk publik (science movie, science show, science game, science art) selama empat hari.

 “Alhamdulillah, ISE 2019 merupakan penyelenggaraan yang sangat banyak, dan juga dimeriahkan dengan kompetisi ilmiah generasi muda nasional maupun internasional yakni Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR), Nasional Young Inventor Award (NYIA), dan International Exhibition for Young Inventor (IEYI). Semangat dan ketekunan mereka patut kita apresiasi, semoga torehan prestasi adik-adik kita dapat menginspirasi dan memotivasi generasi muda Indonesia,” harap Wakil Ketua ISE 2019 tersebut.

Ajang ISE 2019 juga menjadi tuan rumah untuk kompetisi inovasi dan invensi remaja tingkat internasional yaitu IEYI. IEYI diikuti 150 proyek penelitian dari 11 partisipan internasional yakni Indonesia, Malaysia, Philipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Macau, Jepang, Taiwan, Tiongkok, dan Rusia.

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko berharap semoga perhelatan ajang seperti ISE ada kesadaran dari publik, kepedulian dari masyarakat akan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi, serta inovasi sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing kesejahteraan bangsa kita bisa lebih meningkat.

“Selain tentu saja bagi para peneliti, bagi adik-adik, ajang ini sekaligus sebagai ajang interaksi, tidak hanya dengan teman-temannya yang satu bidang, tetapi juga dengan masyarakat umum, dan khususnya industri. Bahkan di dalam ajang ini kita bisa melihat karya-karya para peneliti, perekayasa, dosen, inovator, dan bahkan para peneliti cilik yang mengikuti acara ini,” ujar Kepala LIPI.

“Ini semua mengingatkan kita bahwa ada harapan yang besar akan masa depan negara kita dengan melihat sedemikian antusiasmenya, sedemikian beragamnya, karya-karya yang telah dihasilkan oleh adik-adik generasi muda kita,” lanjut Handoko. Dengan ajang ISE ini, Handoko juga berharap masyarakat semakin optimis menyongsong masa depan Indonesia, yang semakin maju dengan SDM yang unggul. (har/ ed. adl)

ZONA INTEGRITAS