: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

P2 Kimia LIPI Gandeng PT KAARLE dan PT GREENIE untuk Pengembangan Produk Asli Indonesia


Administrator, 15 April 2021

Serpong, Humas LIPI. Meskipun di masa pandemi, kolaborasi lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) pemerintah dan swasta atau industri tidak boleh berhenti. Dalam rangka meningkatkan pemanfaatan hasil inovasi litbang, Pusat Penelitian Kimia - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Kimia LIPI) menjalin kerja sama dengan PT Kaarle Indonesia dan PT Greenie Alam Indonesia. Kolaborasi tersebut tertuang dalam acara penandatanganan dua buah perjanjian kerja sama (PKS) di Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, pada Kamis (15/4).

Kepala P2 Kimia LIPI, Yenny Meliana, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas bukti produktivitas instasinya dan mitra industri. Untuk kerja sama dengan PT KAARLE telah ada beberapa produk turunan kelapa dan bumbu rempah tradisional Indonesia yang sempat diekspor. “Semoga ke depannya produk-produk kerja sama ini bisa sukses, laku di pasaran, ekspornya sukses, tetap semangat, jangan kalah dengan pandemi,” pesannya.

Sementara untuk kerja  sama dengan PT GREENIE, Yenny mengucapkan terima kasih atas kerja sama pengembangan produk-produk ramah lingkungan asli Indonesia, seperti dari piring dan alas dari bahan limbah pelepah pinang, yang sudah mulai banyak permintaan, “Semoga lancar produksinya, bahkan bisa diekspor juga, itu merupakan kebanggaan bagi kami”  ujarnya.

Sebelum diresmikan kerja sama ini, peneliti P2 Kimia LIPI dan pihak industri secara paralel mulai menjajaki pengembangan proses produksi bersama, baik dengan fasilitas yang ada di P2 Kimia dan yang ada di industri. Semoga dengan adanya legalitas PKS ini, ide-ide yang berasal dari masing-masing pihak bisa disinkronisasi agar terealisasi dengan baik.

P2 Kimia LIPI selama pandemi ini telah menghasilkan sejumlah hasil riset, antara lain yang dihasilkan oleh Kelompok Penelitian (Keltian) Kimia Makromolekul dan Kimia Pangan. “Pada umumnya peneliti di P2 Kimia hanya menghasilkan dalam bentuk prototipe, alangkah baiknya jika bisa diproduksi massal baik untuk pasar dalam atau pun luar negeri,” ungkap Akhmad Darmawan, Koordinator Program Penelitian Kimia LIPI.

Dalam kesempatan itu, Direktur PT KAARLE, Kiki Puspitasari, dan Direktur PT GREENIE, Ika Juliana, mengungkapkan rasa terima kasih atas kerjasamanya dengan LIPI, dan menyampaikan harapannya agar kerja sama dengan P2 Kimia LIPI ke depannya bisa semakin sukses. (adl)

ZONA INTEGRITAS