: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

P2 Kimia LIPI dengan P2IB – ITI dan PT MPA Kerja Sama Pengembangan Serat Mikro Selulosa dari Limbah Sawit


Administrator, 23 November 2020

Serpong, Humas LIPI. Indonesia memiliki area perkebunan kelapa sawit yang luas. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019, luas perkebunan kelapa sawit di Indonesia mencapai 14,32 juta hektar. Hasil samping dari perkebunan sawit adalah limbah kelapa sawit. Limbah sawit dapat berupa limbah cair dari industri pengolahan sawit dan limbah padat kelapa sawit dapat berupa tandan kosong, cangkang dan sabut.

Tandan kosong kelapa sawit (TKKS) dihasilkan dari produksi CPO (crude palm oil) sawit. Saat ini TKKS belum dimanfaatkan secara maksimal, umumnya hanya sebagai kompos. Athanasia Amanda Septevani dari Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Kimia LIPI) mengembangkan tandan kosong kelapa sawit (TKKS) untuk membuat micro fibre cellulose (MFC) atau serat mikro selulosa. Penelitian MFC tersebut sudah teruji dalam skala laboratorium dan memiliki paten terdaftar. Sebagai informasi, P2 Kimia LIPI merupakan Pusat Unggulan IPTEK Bioetanol Generasi 2 yang memiliki pilot plant sebagai fasilitas pengolahan biomassa khususnya lignoselulosa.

Dalam rangka mengembangkan risetnya untuk diaplikasikan pada skala industri, maka pada Senin (24/11), di P2 Kimia LIPI Serpong diadakan pertemuan tiga pihak antara P2 Kimia LIPI dengan Pusat Inovasi dan Inkubasi Bisnis Institut Teknologi Indonesia (PI2B - ITI) dan PT Mandiri Palmera Agrindo (PT MPA) untuk kerja sama Pengembangan Produk Micro Fiber Cellulose dari Tandan Kosong Kelapa Sawit. Proses penandatanganan naskah kerja sama tiga pihak ini pun sudah dilakukan melalui sistem desk-to-desk pekan lalu.

Acara ini dihadiri oleh Kepala P2 Kimia LIPI, Yenny Meliana, peneliti P2 Kimia LIPI Athanasia Amanda Septevani, Yan Irawan, serta Yenny Apriliany Devy. Penanggungjawab pihak P2IB, hadir Dr. Aniek Sri Handayani, yang mendapat amanat dari ITI sebagai Kepala PI2B dan Pak Ismoyo dari Bidang Otomotif ITI. Perwakilan dari PT MPA adalah Freddy Martubongs (Direktur Utama) dan Toni Karnawan (Direktur Keuangan). Turut hadir dalam acara ini bagian Kerja Sama dan Humas Kawasan Serpong LIPI.

Dalam sesi perkenalan, masing-masing perwakilan menceritakan peran atau kontribusinya dalam kerja sama. PT MPA bertindak sebagai penyedia bahan baku TKKS dari pabriknya di Sulawesi, PI2B - ITI di bagian pemasaran MFC untuk konsumen industri seperti industri kertas, dan P2 Kimia sebagai pemilik teknologi MFC dari skala laboratorium untuk dikembangkan pada pilot plant Bioetanol G2 P2 Kimia sebelum nanti produk akhirnya diujicobakan pada industri.

 Pada sesi diskusi pertemuan ini, dibahas kendala yang mucul dalam proses awal pengolahan TKKS di P2 Kimia yang baru mulai berjalan. Pihak P2IB - ITI dan PT MPA juga P2 Kimia sama-sama berupaya memberikan solusi agar kendala-kendala tersebut bisa diatasi dengan baik. Kemudian, pertemuan ini dilanjutkan dengan ketiga pihak tersebut berfoto bersama dan mengunjungi fasilitas pilot plant Kimia LIPI untuk melihat tahapan awal proses pembuatan MFC. (adl)

ZONA INTEGRITAS