: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

P2 Kimia Dukung Penyelenggaraan Seminar Internasional BASIC & ISMART di Universitas Indonesia


Administrator, 03 Agustus 2018

[Berita P2 Kimia, Jakarta] Pusat Penelitian (P2) Kimia LIPI turut berperan aktif dalam mendukung seminar “The 2nd Basic and Applied Sciences Interdisciplinary Conference (BASIC) 2018” dan “The 3rd International Science and Mathematics Academics Research Talks (ISMART) 2018” pada hari Jum’at-Sabtu (3-4 Agustus 2018). Bertempat di Gedung Fakultas MIPA Universitas Indonesia (UI) dan dibuka secara resmi oleh Prof.Dr.Rosari Saleh, Wakil Rektor, Bidang Riset dan Inovasi.Inovasi, kedua acara paralel ini diselenggarakan melalui kolaborasi apik antara FMIPA - Universitas Indonesia, Komisi Ilmu Dasar-Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) dan P2 Kimia LIPI.

“P2 Kimia LIPI sangat menyambut baik penyelenggaraan seminar ini secara reguler dengan mengundang berbagai pakar dari dalam dan luar negeri,“ terang Dr. Agus Haryono, Kepala P2 Kimia LIPI saat turut memberikan sambutan pembukaan acara. “Semoga ini dapat dimanfaatkan sebagai ajang diskusi ilmiah yang konstruktif dan memperluas jaringan ilmuwan secara internasional, “ harapnya.

BASIC merupakan seminar tahunan yang digelar pada bulan Agustus setiap tahun oleh Fakultas MIPA UI. Ruang lingkup seminar ini mencakup matematika, fisika, kimia, biologi, geoscience dan ilmu lingkungan. Para peneliti P2 Kimia juga turut terlibat di acara ini, baik sebagai panitia maupun peserta. Panitia dari P2 Kimia sebagai Scientific committee  diantaranya Prof. Dr. Silvester Tursiloadi, Prof. Dr. Yanni Sudiyani dan Prof.Dr. M.Hanafi serta Dr. Anny Sulaswatty.

Beberapa pembicara kunci yang diundang dalam acara ini misalnya Prof. Hak Soo Kim (Korean Academy of Science and Technology - Korea), Prof. Chris Margules (James Cook University [JCU], Australia), Prof. Hendra Gunawan (AIPI – Indonesia), Dr. Fang-Yuh Lo (National Taiwan Normal University [NTNU] – Taiwan) dan Prof. Jeff Sayer (University of British Colombia [UBC] – Canada). Di samping itu ada pula Dr. Agni Klintuni Boedhihartono (UBC – Canada), Dr. James D. Langston (JCU – Australia) dan Dr. Rebecca Riggs (JCU – Australia).

“Kerjasama riset untuk pembangunan berkelanjutan menjadi salah satu perhatian kita semua, “ terang Dr. Anny Sulaswatty, Ahli Peneliti Utama P2 Kimia LIPI saat diwawancarai di tempat terpisah. “Oleh karenanya, AIPI sangat berkomitmen untuk mendukung penyelenggaraan even ilmiah seperti ini, “ lanjut Anny yang saat ini juga tengah diamanahi sebagai Asisten Profesional Komisi Ilmu Pengetahuan Dasar- AIPI.

Lebih dari seratus peserta nampak hadir di acara tersebut. Mereka adalah para dosen, peneliti dan mahasiswa dari berbagai universitas dan lembaga penelitian baik dalam maupun luar negeri. Para peneliti dari P2 Kimia LIPI juga berperan serta di acara ini. Direncanakan, publikasi seminar ini akan dimasukkan ke dalam prosiding internasional terindeks global  <aars/ p2k>.

ZONA INTEGRITAS