Berita

Meriah dan Mencerahkan, Science Show P2 Kimia dalam LIPI Goes to School Perdana


Administrator, 16 Mei 2017

[Berita P2 Kimia, Jakarta] “Kimia itu menyenangkan”. Itulah kesan yang ingin disampaikan P2 Kimia LIPI melalui Chemistry Science Show ke siswa tingkat menengah. Prakarsa itu  disambut baik oleh Biro Kerjasama Hukum dan Hubungan Masyarakat (BKHH). BKHH kemudian menjadikan Chemistry Science Show P2 Kimia sebagai salah satu bagian LIPI Goes To School edisi perdana. Ini merupakan sebuah ajang untuk mempromosikan program program LIPI kepada sekolah menengah.

Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) sebagai ajang tahunan yang telah digelar LIPI selama beberapa dasawarsa terakhir dirasa perlu ditingkatkan. Hal untuk membangkitkan gairah generasi muda Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan melalui penelitian yang sistematis. Maka lewat LIPI Goes to School, BKHH memperkenalkan dua program yang lebih anyar, Pekan Inovasi Remaja Nasional (PIRN) dan National Young Innovation Award (NYIA). Hal ini disampaikan dengan sangat interaktif oleh Kepala Sub Bidang Pengayaan Ilmiah Masyarakat BKHH, Yutainten, pada acara LIPI Goes to School. Acara digelar hari Kamis (4 Mei 2017) di SMAN 105 Jakarta.

LIPI Goes to School yang dikemas khas ala anak muda terbukti efektif pada sekitar 100 orang siswa yang hadir. Mereka tak hanya berasal dari SMAN 105 Jakarta, namun juga sekolah sekitarnya seperti SMA N 15 Jakarta dan SMA N 11 Jakarta. Terbukti dari kemampuan siswa dalam menjawab selingan pertanyaan berhadiah yang dibuat Yuta.

“LIPI punya 2 lomba karya ilmiah, sebutkan dan apa perbedaannya?”, ujar Yutainten memberikan pertanyaan.

“LKIR dan NYIA, “ jawab Nafsah, salah satu siswi yang hadir. “LKIR mensyaratkan rentang usia peserta namun untuk NYIA syaratnya hanya di bawah 18 tahun, lanjutnya. Nafsiah pun mendapatkan bingkisan souvenir dari LIPI.

Antusiasme juga terlihat dari cepatnya para siswa menghafal “Tepuk LIPI PASTI”, tepuk tangan khas untuk memperkenalkan karakter LIPI. LIPI yang Profesional, Adaptive, Scientific integrity, Teamwork dan Innovative.

Chemistry Science Show yang ditampilkan peneliti P2 Kimia LIPI melanjutkan kemeriahan dan antusiasme siswa. Beberapa siswa masih setengah tidak percaya kalau sebenarnya, bahan bakar mesin diesel dan sabun dibuat dari minyak goreng. Namun setelah menyaksikan langsung proses pembuatannya, semua percaya kalau mereka juga bisa membuat biodiesel dan sabun sendiri.

Dalam paparan yang lebih mendalam, Peneliti P2 Kimia mengingatkan bahwa Indonesia saat ini sudah menjadi negara yang memproduksi minyak sawit terbesar di dunia. Namun pengembangannya minyak sawit tidak boleh berhenti sampai disitu.

"Nilai tambah minyak sawit Indonesia perlu ditingkatkan melalui teknologi pemanfaatan minyak sawit untuk diubah menjadi produk yang lebih berharga, “ ujar Teuku Beuna Bardant, peneliti muda P2 Kimia. “Untuk itulah LIPI berusaha menggairahkan siswa sekolah menengah untuk lebih peka terhadap potensi Indonesia dan ikut serta dalam memanfaatkan potensi tersebut, “ sambungnya. Dan, pemanfaatan minyak sawit ini hanya salah satu contohnya.

Pemaparan tentang biodiesel dan sabun memberikan contoh nyata bagi siswa bahwa untuk untuk bisa menerapkan suatu teknologi, tidak cukup hanya menguasai satu bidang atau satu pelajaran saja. Sehingga secara tidak langsung mengingatkan siswa bahwa selagi muda, pelajari semuanya, jangan memilih berdasarkan yang disukai saja, karena kita tidak tahu ilmu mana yang kelak justru kita butuhkan dalam mengembangkan teknologi atau bahkan karir.

Misalnya pada penjelasan tentang biodiesel, siswa dijelaskan mulai dari thermodinamika pembakaran internal dalam mesin hingga proses atomisasi bahan bakar dan hubungannya dengan viskositas bahan bakar. Asingnya istilah istilah ilmiah itu menjadi teratasi setelah melihat sendiri contoh proses atomisasi. Sujarwo, peneliti P2 Kimia lainnya yang turut membantu, menyemprotkan minyak goreng pada nyala api. Minyak goreng tidak teratomisasi sehingga tidak terjadi pembakaran. Namun saat biodiesel hasil produksi saat itu disemprotkan ke nyala api, terjadi ledakan kecil yang disambut meriah oleh para siswa.

Antusiasme dan kepuasan siswa terlihat hingga akhir acara. Besar harapan bahwa program LIPI Goes to School menjadi sebuah program yang langgeng, dan terus menginspirasi siswa dengan semangat muda untuk mengembangkan teknologi yang memanfaatkan potensi bangsa di kemudian harinya. <ES dan TBB/ p2 kimia>

ZONA INTEGRITAS