: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Melalui Rapat Kerja 2018, P2 Kimia Anyam Tangga Menuju Kejayaan Riset Indonesia


Administrator, 04 Mei 2018

[Berita P2 Kimia, Serpong] Dalam beberapa pekan terakhir, manajemen dan karyawan Pusat Penelitian (P2) Kimia LIPI tengah melaksanakan agenda khusus: rapat kerja (raker) 2018. Rapat ini terdiri dari rangkaian kegiatan yang tediri dari pra raker, raker dan outbound. Acara pra-raker diadakan terlebih dulu pada tanggal 23-24 April 2018 di P2 Kimia LIPI. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan P2 Kimia setahun sebelumnya, mensinkronisasi dengan rumusan raker tingkat LIPI, sekaligus menggodok konsep rumusan yang akan dibawa ke rapat kerja tingkat P2 Kimia LIPI. Ada tiga komisi yang menggodok materi rumusan: komisi reformasi birokrasi (RB), komisi perencanaan strategis (Renstra) program penelitian, dan komisi anggaran keuangan.

Raker Kimia: Komitmen, Semangat, Sukses!

Kepala P2 Kimia LIPI, Dr. Agus Haryono, saat membuka raker hari Rabu (2/5) menekankan pentingnya rapat kerja guna merumuskan langkah strategis untuk memperkuat riset di P2 Kimia.

“Berbagai capaian dan prestasi P2 Kimia di tahun sebelumnya hendaknya memotivasi kita semua untuk berkarya semakin baik di tahun-tahun mendatang,“ pesan Agus saat membuka raker di ruang rapat besar. “Raker ini merupakan forum bersama bagi kita dalam menyusun bentuk, program dan kegiatan terbaik yang akan mewadahi tujuan kita bersama,“ sambungnya di depan sekitar seratus orang karyawan yang memadati ruangan tersebut.

Pernyataan Agus ini didukung oleh Dr. Laksana Tri Handoko, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) LIPI. Handoko mengungkapkan, selaras dengan reformasi birokrasi, sejumlah program dan rencana strategis tengah disusun, dianggarkan dan dilaksanakan LIPI hingga tahun 2024 mendatang. Program ini mencakup antara lain pembangunan infrastruktur penelitian dan sumber daya manusia. Secara khusus, LIPI tengah menyusun program peningkatan kompetensi agar para peneliti minimal memiliki latar belakang S2. “Kunci pentingnya adalah komitmen, semangat dan sukses!” tekan Handoko yang juga merupakan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Utama LIPI ini.

Di kesempatan berikutnya, acara diisi dengan sosialisasi terkait Suap, Gratifikasi dan Pemerasan. Acara disampaikan langsung oleh dua orang staf dari divisi pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam presentasinya, mereka mengungkapkan definisi korupsi dan berbagai upaya yang dapat dilakukan dalam mencegah korupsi. Dijelaskan pula pembedaan antara suap, gratifikasi, dan pemerasan yang intinya terletak pada kesepakatan antara pengguna dan pemberi layanan. Dalam konteks reformasi birokrasi, kedua staf ini menekankan agar karyawan tak segan melaporkan gratifikasi yang diterimanya ke KPK jika dirasa memenuhi syarat untuk dilaporkan.

Usai makan siang, acara dilanjutkan dengan pengumuman karyawan terbaik, peneliti terbaik dan karyawan favorit. Karyawan terbaik diberikan kepada staf non peneliti berdasarkan kinerja nya. Untuk bulan ini, karyawan terbaik diraih oleh Yayan, staf kepegawaian. Sementara peneliti terbaik ditentukan berdasarkan capaian publikasi ilmiah, paten dan perolehan pendanaan penelitian. Lima orang peneliti terbaik adalah Dr. Ajeng Arum Sari, Prof. M. Hanafi, Dr. Siti Nurul Aisyah Jenie, M. Ghozali, MT dan Dr. Amanda Septevani. Karyawan favorit menurut survei internal P2 Kimia jatuh pada Dr. Arthur Ario Lelono.

Di sore harinya, acara dilanjutkan dengan diskusi pembahasan hasil pra-raker. Dr. Adep A. Dwiatmoko selaku Ketua PME P2 Kimia, membacakan notulen hasil pra raker P2 Kimia. Dalam diskusi ini, pihak manajemen dan penyusun rumusan pra raker maju ke depan dan berdiskusi dengan seluruh karyawan terkait poin-poin penyusunan hasil pra-raker.

Dari hasil diskusi, disepakati rumusan hasil raker untuk ditindaklanjuti bersama. Secara umum, hasil rumusan berupa rekomendasi untuk implementasi program RB menuju nilai 81, perencanaan program penelitian yang lebih implementatif dan penyusunan anggaran yang mengikuti program prioritas nasional.

Di hari berikutnya (3/5), para karyawan melaksanakan outbound bersama di Bogor. Tema yang diusung adalah “Merangkul pundak sesama, merajut kebersamaan, meniti langkah pada tangga kejayaan P2 Kimia LIPI”. <aars/ p2kimia>

ZONA INTEGRITAS