Berita

Melalui Art Competition on Chemistry P2 Kimia Ajak Generasi Muda Berkreasi


Administrator, 01 Oktober 2017

[Berita P2 Kimia, Serpong] Bertempat di Graha Widya Bhakti dalam rangkaian PUSPIPTEK Innovation Festival (PIF), Minggu (1/10/2017) P2 Kimia menyelenggarakan Art Competition on Chemistry. Ajang ini merupakan kompetisi mewarnai dan menggambar yang terdiri dari tiga kategori yaitu Kategori A (Lomba Mewarnai untuk TK dan SD Tingkat 1, 2); Kategori B (Lomba Menggambar untuk SD Tingkat 3, 4, 5, 6); dan Kategori C (Lomba Menggambar untuk SMP). Antusiasme siswa-siswi sangat tinggi untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini. Hal ini terlihat dari banyaknya pendaftar, dimana lebih dari 300 siswa-siswi tercatat oleh panitia. Kategori A diikuti oleh 119 peserta, kategori B diikuti oleh 115 peserta, dan kategori C diikuti oleh 60 peserta.

Dibuka oleh Dr. Yenny Meliana, Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian P2 Kimia, acara mulai pukul 08.00 WIB. “Selamat datang adik-adik peserta dan seluruh pendamping. Pagi ini kita akan melaksanakan Art Competition on Chemistry. P2 Kimia menyampaikan terimakasih atas antusiasme yang tinggi dari adik-adik semua dalam kompetisi ini,” buka Yenny memberikan sambutannya.

Kemudian sekitar pukul 08.10 WIB kompetisi mewarnai dan menggambar dimulai. Ratusan anak-anak dengan serius melakukan aktivitasnya. Beberapa peserta dapat menyelesaikan mewarnai sebelum waktu berakhir. Hingga tanpa terasa waktu berjalan dengan cepat. Sekitar pukul 11.10 WIB, panitia menyatakan waktu menggambar selesai. Seluruh peserta diminta untuk mengumpulkan karya mereka. Pembawa acara pun mengumumkan bahwa pengumuman pemenang akan dilaksanakan pukul 12.00 WIB di Panggung Utama PIF.

“Adik-adik dan pendamping kami persilakan untuk melihat-lihat pameran yang ada di dalam Graha Widya Bhakti sembari menunggu pengumuman pemenang. Di dalam, terdapat booth masing-masing satuan kerja yang ada di Kawasan PUSPIPTEK,” pembawa acara mengarahkan peserta dan pendamping.

Akhirnya, waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba. Bersamaan dengan pengumuman pemenang lomba-lomba yang dilaksanakan dalam rangkaian PIF, panitia juga mengumumkan pemenang Art Competition on Chemistry. Pembawa acara lalu mengumumkan pemenang tiap-tiap kategori. Adapun pemenang juara I, juara II, juara III, dan juara harapan masing-masing kategori adalah sebagai berikut:

KATEGORI A (Lomba Mewarnai untuk TK dan SD Tingkat 1, 2)

Juara I : Khalisa Adisti Purnama (SDIT Bina Insan Kamil)

Juara II : Hana Qonita Anastasya (SD Kademangan 1)

Juara III : Raisha Asyla Berutu (SD Cikal Harapan 1 BSD)

Juara Harapan : Alif Nashri (SDIT Bina Insan Kamil)

KATEGORI B (Lomba Menggambar untuk SD Tingkat 3, 4, 5, 6)

Juara I : M. Nufail Fudhoil (SD Kesatuan Bogor) 

Juara II : Faeyza Zahra Anindita (Syafana Islamic School)

Juara III : Egalita Adliyah (SD Al-Azhar Syifa Budi Cibinong)

Juara Harapan : Khuriatunnisa Az-Zahra (SDIT Nur Fatahillah)

KATEGORI C (Lomba Menggambar untuk SMP)

Juara I : Fairuz Atiiqah Zerlinda (SMPN 115 Jakarta)

Juara II : Ilona Adzra Alexsandria (SMPN 1 Tangerang)

Juara III : Nasywa Novia Ashila (SMPN 8 Tangerang Selatan)

Juara Harapan : Dinda Setyaningrum (SMP 5 Klari)

“Kepada pemenang yang disebutkan namanya, kami minta untuk maju ke atas panggung. Sekaligus kami juga mengundang Bapak Agus Haryono selaku Kepala Pusat Penelitian Kimia untuk memberikan hadiah kepada masing-masing pemenang,” pinta pembawa acara dalam sesi penyerahan hadiah tersebut.

“Saya sampaikan selamat kepada pemenang masing-masing kategori. Semoga kegiatan ini semakin memacu kecintaan anak-anakku semua kepada ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Mudah-mudahan, ini dapat dilanjutkan dan ditingkatkan penyelenggaraannya pada masa yang akan datang. Atas nama P2 Kimia, saya menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat hal yang kurang berkenan baik bagi anak-anakku maupun pendamping selama kegiatan ini berlangsung,” ungkap Agus memberikan sambutan dalam prosesi penyerahan hadiah.

Seiring dengan penutupan PIF oleh Kepala PUSPIPTEK, Art Competition on Chemistry yang memperebutkan hadiah uang pembinaan total 10 juta rupiah tersebut pun berakhir. Sembari membawa tropi yang membanggakan, senyum bahagia nampak dari anak-anak pemenang kompetisi.  Sebagai apresiasi, karya-karya para pemenang akan dipajang di kantor P2 Kimia yang terletak di Gedung 452 Kawasan PUSPIPTEK. <SJW, P2 Kimia>

ZONA INTEGRITAS