: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

Material Bahan Anorganik Menjadi Platform Deteksi


Administrator, 28 Juli 2021

 

Saat ini nanopartikel telah banyak dimanfaatkan untuk bidang tekstil, biomedis, perawatan kesehatan, industri, elektronika, lingkungan, pertanian dan pangan, serta energi terbarukan. Tim peneliti dari Pusat Penelitian Kimia LIPI tengah mengembangkan bahan material anorganik berbasis nanopartikel untuk menjadi platform deteksi dibidang biosensor dan lingkungan. Nanopartikel yang digunakan menjadi platform deteksi ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya proses deteksi yang simple, dapat digunakan portable, materialnya yang stabil, selektif, sensitif, dan dapat mengefisienkan waktu dan biaya.

Dalam bidang biomedis, tengah dilakukan pengembangan dan optimasi dari sistem deteksi cepat (rapid test) antibody COVID-19 menggunakan lateral flow immunoassay (LFIA) detection kit yang telah dimodifikasi dengan Nanopartikel Silika Berfluoresensi (FSNP). Rapid test antibody COVID-19 ini diharapkan dapat langsung digunakan pada sampel darah orang yang terduga terinfeksi COVID-19.

Di bidang lingkungan, telah dikembangkan sensor kolorimetri berbasis Nanopartikel Emas (AuNPs) yang dapat digunakan untuk mendeteksi dengan cepat (< 5 menit) dan selektif Fe3+. AuNPs dimodifikasi dengan turunan benzoat yang berperan ganda yakni sebagai reduktor dan stabilisator. Sensor ini menunjukkan presisi dan akurasi yang baik untuk mendeteksi Fe3+ di air sawah, sungai, dan laut. (ASA)

ZONA INTEGRITAS