: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

[Liputan ISE 2018 bagian 3-habis]: Seru dan Interaktif, Kegiatan Talkshow dan Science Show P2 Kimia


Administrator, 05 November 2018

[Berita P2 Kimia, BSD] Selain konferensi ISAC 2018, ada dua talkshow yang diikuti oleh P2 Kimia yaitu Talkshow Diaspora Kamis (1/11) dan Talkshow Bioetanol Generasi Kedua Sabtu (3/11).

Dalam acara talkshow diaspora yang mengangkat tema “Bagimu Negeri”, Dr. Osi Arutanti menjadi salah satu narasumber. Osi yang saat ini menjadi peneliti P2 Kimia bersanding dengan narasumber lainnya seperti Butet Manurung (aktivis wanita dan pendiri sakola rimba), serta Bimo Sasongko, BSAE, MSEIE, MBA (Founder dan CEO Euro management). Yang diangkat adalah sharing informasi, pengalaman serta harapannya bagi Indonesia kedepan.

Antusiasme peserta ditunjukkan pula oleh aktifnya mereka saat sesi diskusi. Berbagai pertanyaan dilontarkan khususnya tentang bagaimana mengatasi atau mempertahankan semangat disaat kondisi yang ada tidak sesuai dengan harapan. Tiga nara sumberpun menjelaskan dengan caranya sendiri. Tiga orang dengan latar belakang berbeda, generasi berbeda, serta passion yang berbeda tetap memiliki satu tujuan yang sama yaitu melakukan sesuatu untuk Indonesia lebih baik. Dari acara talkshow dapat disimpulkan untuk mewujudkan itu maka kolaborasi adalah sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dan berdirilah bersama orang-orang yang memiliki keinginan sama agar semangat itu tetap ada.

Pada kesempatan ini, Bimo Sasongko, BSAE, MSEIE, MBA menyumbangkan memberikan bantuan sebesar Rp. 1.000.000.000,- kepada LIPI untuk meningkatkan kapasitas pegawai khususnya dalam bidang bahasa.

http://kimia.lipi.go.id/assets/images/gallery/bu_yani.jpg

Dalam acara talkshow Bioetanol, Prof. Dr. Yanni Sudiyani memberikan pemahaman tentang apa itu Bioetanol, bagaimana prosesnya dan bagaimana perkembangannya di Indonesia sejauh ini dihadapan puluhan peserta baik pelajar SMA, perguruan tinggi, umum maupun industri. Kompor bioethanol dihadirkan sebagai contoh pemanfaatan bioethanol dalam kehidupan sehari-hari. Antusias peserta sangat terlihat ketika pada saat sesi diskusi dan membuka jaringan baru dengan salah satu peserta yang berasal dari pemerintahan Sulawesi. Beliau tertarik untuk dapat menerapkan pemanfatan bioethanol di daerahnya.

Pengenalan peran P2 Kimia lainnya adalah mealui science show. Tujuan acara ini adalah menunjukkan betapa sederhana dan menariknya ilmu kimia. Salah satu peneliti P2 Kimia, Melati Septiyanti M.T mampu menjelaskan dengan baik dan menarik sehingga dapat mengajak para peserta yang mengunjungi boots terlihat antusias. Peserta yang dating sebagian besar adalah pelajar sekolah dasar hingga menengah atas. Tidak terkecuali keluarga yang juga datang dan turut serta melakukan eksperimen sederhana dalam pembuatan lotion anti nyamuk. <OA/p2kimia>

ZONA INTEGRITAS