: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

[Liputan ISE 2018 bagian 2]: FGD dan ISAC 2018, Upaya P2 Kimia Jalin Kolaborasi Riset Internasional


Administrator, 05 November 2018

[Berita P2 Kimia, BSD] Forum Grup Diskusi (FGD) antara P2 Kimia dan para keynote speaker dilakukan sehari sebelum acara ISAC yaitu 31 oktober di kantor P2 Kimia Serpong. Di acara tersebut baik P2 Kimia maupun para keynote speaker berbagi tentang topik penelitian apa yang sedang hangat diangkat serta fasilitas yang dimiliki. Dari FGD tersebut di dapat hasil positif diantaranya pembuatan MOU kerjasama riset baik dalam bentuk pertukaran peneliti, grant research, pengiriman mahasiswa dan sejenisnya antara P2 Kimia LIPI dengan Monash University dan Warwick University. Hal ini menjadi udara segar bagi P2 Kimia untuk mengembangkan sayap dan meningkatkan produk penelitian P2 Kimia.

Konferensi Internasional, 4th International Symposium on Applied Chemistry (ISAC) telah berlangsung dengan sukses pada tanggal 1-2 November 2018. Sambutan pidato pada pembukaan ISAC 2018 dilakukan oleh Dr. Arthur Lelono yang mewakili kapuslit P2 Kimia Dr. Agus Haryono.

“Semoga program ini ke depannya dapat menstimulasi para peneliti maupun praktisi dalam berkolaborasi menciptakan solusi melalui penerapan ilmu applied chemistry,” tutur Arthur yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Tata Usaha P2 Kimia LIPI ini.

Ketua konferensi, Dr. S. N. Aisyiyah Jenie memaparkan apa dan bagaimana ISAC. “Acara ISAC tahun ini adalah yang keempat dan mengangkat tema “Chemistry of Materials for Better life: Exploring Novel Technologies and Collaborative Research”,” ujar peneliti bidang teknologi proses dan katalis di P2 Kimia ini.

Seminar ini telah menarik perhatian para peneliti baik dari lembaga penelitian, industri maupun perguruan tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah manuskrip yang diterima oleh pihak panitia. Lebih dari 100 manuskrip masuk dan hanya 75% yang terseleksi guna menjaga kualitas publikasi. Sekitar 80 peserta mempresentasikan hasil penelitian mereka baik secara langsung Maupin melalui poster.

Beberapa pakar diundang untuk mempresentasikan penelitan mereka guna berbagi wawasan baru. Prof. Nicolas Voelcker (Monash University), Prof. Shiro Saka (Kyoto University), dan Assoc. Prof. Volkan Degirmenci (Warwick University), Dr. Agus Haryono dan Dr. Nino Rinaldi (P2 Kimia LIPI) adalah para keynote speaker yang hadir mengisi acara tersebut dan menjadi kesuksesan khusunya bagi ketua panitia ISAC 2018.

Di akhir, Dr. Agus Haryono menutup acara sekaligus mengungkapkan kebanggaannya atas terlaksananya ISAC 2018 dan menyampaikan harapannya agar kegiatan ini memberikan dampak positif bagi seluruh pihak khususnya dapat menjadi tonggak terbangunnya kolaborasi riset diantara banyak pihak. <OA/p2kimia>

ZONA INTEGRITAS