: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

[Liputan ISE 2018 bagian 1]: Resmi Dibuka Presiden Jokowi, P2 Kimia Semarakkan Indonesia Science Expo 2018


Administrator, 05 November 2018

[Berita P2 Kimia, BSD] Indonesia Science Expo (ISE) merupakan salah satu even besar yang rutin diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Tahun ini, kegiatan ini telah sukses diadakan pada tanggal 1-4 November 2018 di ICE BSD Tangerang Selatan. Perhelatan acara ini dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Perubahan dunia ini begitu cepat,” ujar Presiden Jokowi saat memulai sambutan. “Segala keterbatasan dan ketidakmungkinan menjadi mungkin dan dapat diterobos oleh ilmu pengetahuan dan teknologi,” lanjutnya.

Sambutan Jokowi diamini Kepala LIPI, Dr. Laksana Trihandoko M.Sc. Handoko menyampaikan jika tema ISE tahun ini bertujuan untuk mengkomunikasikan segala hasil dan manfaat peneliti Indonesia dalam bidang riset bagi masyarakat luas. Dua belas konferensi ilmiah yang bersifat nasional dan internasional, 26 workshop dan talkshow, 10 science show, 6 sesi science movie, pameran, serta Youth Science and Innovation Fair (YSIF) menjadi inti acara yang disuguhkan dalam perhelatan ISE 2018. Total peserta konferensi diperkirakan lebih dari 1200 orang, belum termasuk ratusan peserta dan pembicara dari luar negeri. Sementara total pengunjung pameran yang membludak diestimasi mencapai 20 ribu orang.

Pusat Penelitian Kimia (P2 Kimia) yang merupakan bagian dari LIPI turut berkontribusi dalam mengisi acara tersebut. Konferensi internasional, FGD, talkshow, science show, open house & kujungan laboratorium serta pameran yang diadakan di lantai dasar hingga lantai 2 adalah beberapa kegiatan yang diisi oleh P2 Kimia bersama pusat penelitian LIPI lainnya.

Kegiatan pameran di lantai dasar dikoordinasi oleh Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Peneletian (PDHP) P2 Kimia bekerja sama dengan semua bidang keltian di P2 Kimia LIPI. Produk-produk yang dipajang cukup menarik pihak luar untuk bertanya dan mencoba. Beberapa produk yang dipajang diantaranya adalah krim pencerah/pemutih wajah yang berasal dari turunan metyl sinamat, krim anti selulit L’Cos dari ekstrak pegagan dan jahe, permen pace sebagai anti diabetes, the hijau gambung dengan campuran ekstrak sawo dll untuk antidiabtes, MP-ASI yang mengandung asam folat tinggi diekstrak dari sayuran, Jeely dengan kadar DFA tinggi dari umbi dahlia sebagai anti osteoporosis, the gambung gula jagung dan nano the manggis, kapsul ekstrak daun jamblang sebagai antidiabetes, kapsul ekstrak daun sukun untuk kesehatan pembuluh darah, pestisida nabati, polimer based Gun frame, Bioetanol G2 dari tandan kosong kelapa sawit, dan hand sanitizer dari bioethanol.

Hampir semua yang dipamerkan baik produk pangan dan kosmetik adalah pemanfaatan bahan alam. Tidak sedikit baik pihak industri mapun independen swasta yang mencoba meminta informasi lebih lanjut guna membangun kolaborasi riset dibidang tertentu khususnya pangan dan kosmetik. Keberadaan stand pameran P2 Kimia Lipi pun menarik beberapa mahasiswa yang datang dan ingin melakukan riset lebih lanjut.

Sebagai puncak sekaligus pentup acara ISE 2018, LIPI memberikan penghargaan kepada remaja berprestasi dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR), National Young Invention Award (NYIA), dan International Youth Science and Innovation Fair (IYSIF).  Adanya kegiatan ISE 2018 kali ini diharapkan semoga dapat menggaungkan hasil penelitian yang didukung oleh sains dan teknologi para peneliti. Khususnya bagi P2 Kimia, acara ini dapat membangun kolaborasi riset lebih luas, serta memberikan motivasi bagi para penelitinya untuk terus berkarya agar dapat menjadi bagian dari solusi permasalahan bangsa. <OA/P2 Kimia>

ZONA INTEGRITAS