: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

LIPI Uji Fungsi Reaktor Destilasi Bioetanol di Kabupaten Banyumas


Administrator, 01 April 2020

Banyumas, Humas LIPI. Pada Rabu, (1/4), Yan Irawan peneliti Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Kimia LIPI) dan tim sudah berada di Kabupaten Banyumas guna merakit instalasi alat destilasi bioethanol kapasitas 100 liter/batch yang dipasang di Pendopo Kabupaten Banyumas.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan dan diskusi antara Bupati Banyumas dan Kepala P2 Kimia LIPI, serta peneliti terkait proses bioetanol di Serpong pada hari Senin, (2/3). Oleh karena itu, terjalin kerja sama teknologi pembuatan alat destilasi bioetanol di Kabupaten Banyumas.

Ahmad Husein sebagai Bupati Banyumas banyak berharap pada alat LIPI ini untuk membantu proses pembuatan bioetanol dari sorgum yang banyak dibudidayakan di daerah Banyumas, sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan mengentaskan kemiskinan rakyat yang dipimpinnya. 

Selama ini daerah Banyumas telah mampu membuat bioetanol dari sorgum dengan kadar 40-60%. Dengan alat destilasi yang dibuat LIPI diharapkan dapat meningkatkan bioethanol sampai 99,5%, sehingga memiliki nilai ekonomi lebih tinggi. (es/ ed. adl)

ZONA INTEGRITAS