: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

LIPI Siapkan Garda Depan dalam Penanganan SARS-CoV-2


Administrator, 06 Agustus 2020

Serpong, Humas LIPI. Sejak pertama kali terkonfirmasi di Indonesia pada 2 Maret 2020, kasus positif Covid-19 terus meningkat hingga mencapai lebih dari 100.000 kasus pada akhir Juli 2020. Dalam rangka mempercepat penanganan Covid-19, Presiden Joko Widodo mengamanatkan kolaborasi dan sinergi antar Kementrian/Lembaga dan Pemerintah daerah. Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) lalu berkoordinasi dengan berbagai pihak melalui konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19.

Para Peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan berbagai penelitian dan inovasi baik produk maupun kajian untuk mendukung konsorsium tersebut. LIPI juga menginisiasi program Indonesia Memanggil dan menjadi koordinator pelatihan untuk pemenuhan kebutuhan SDM terlatih dalam penanganan SARS-CoV-2

Dengan kerja sama antar lembaga penelitian, perguruan tinggi, kementerian, BUMN, sektor swasta, dan perusahaan rintisan di bidang kesehatan, Program Indonesia Memanggil telah memberikan pelatihan deteksi SARS-CoV-2 bagi peserta Tahap 1 Kelompok 1 pada Kamis (30/7) dan dilanjutkan pada Kamis (6/8) di Laboratorium Pusat Penelitian Kimia-LIPI, Serpong.

Melalui adanya pelatihan ini, diharapkan akan semakin banyak SDM terampil yang bisa berkontribusi dan berperan menjadi tim garda depan dalam penanganan Covid-19, utamanya terkait deteksi virus. (nh/adl)

ZONA INTEGRITAS