Berita

LIPI GOES TO SCHOOL 2: Pembuatan Lotion di SMAN 28 Jakarta


Administrator, 29 Mei 2017

[Berita P2 Kimia, Jakarta] Rabu pagi, 17 Mei 2017, di ruang Aula SMAN 28 Jakarta telah nampak kerumunan orang yang berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Mereka dengan antusias mengikuti aba-aba irama yang dipimpin oleh salah seorang siswi SMA tersebut.

“Kami sangat berbahagia dengan hadirnya science show LIPI di sekolah kami, “ ujar Dra. Hj. Endang Sri Hartini M.Si., Kepala Sekolah SMAN 28. “Mudah-mudahan acara ini dapat memotivasi para siswa guna mengangkat kembali prestasi SMAN 28 yang sedikit menurun tahun lalu, “ imbuhnya seraya membuka acara secara resmi.

Biro Kerjasama, Hukum, dan Humas (BKHH) LIPI memulai rangkaian acara dengan pemutaran video profil terkait LIPI dan pembinaan kompetisi ilmiah oleh LIPI. Diiringi selingan pertanyaan, tepuk LIPI PASTI serta berbagai hadiah souvenir menarik, acara pun berlangsung semakin meriah.  Tidak hanya tuan rumah SMAN 28 saja yang mengikuti acara ini, tetapi juga SMA lain di sekitarnya, seperti SMAN 38, SMAN 48, SMAN 60 dan SMAN 90.

Acara dilanjutkan dengan inspirational talk: “Berpikir kritis untuk menemukan ide/topic penelitian”.  Narasumbernya berasal dari Pusat Penelitian Biomaterial LIPI, yaitu Dr. Lisman Suryanegara.  Dalam pidatonya, Lisman mengilustrasikan bagaimana imajinasi sangat berperan dalam membantu penelitian, sebagaimana yang ia kutipkan dari Albert Einstein. Presentasi beliau diakhiri dengan pemberian hadiah kepada siswa-siswi yang telah berhasil menemukan ide praktis untuk penelitian setelah pemaparan. Beberapa diantaranya mengusulkan ide alat pendeteksi kepedasan, chip pada kendaraan bermotor supaya subsidi bbm tepat sasaran, ide pembuatan portal di perempatan jalan, kacamata elastis tidak patah saat terbawa tidur.

Acara selanjutnya adalah science show dari peneliti P2 Kimia LIPI, yaitu pembuatan lotion anti nyamuk yang dipandu oleh Melati Septianti, M.T. Peserta dibagi menjadi 10 kelompok siswa dan masing-masing kelompok telah disediakan alat dan dan bahan serta prosedur untuk membuat lotion. Melati mengarahkan para peserta dibantu anggota tim yaitu Teuku Beuna Bardant, Sudiyarmanto, Eni Suryani dan Arief Setiawan.

Pada sesi ini para siswa diajak untuk berperan aktif dalam pembuatan lotion anti nyamuk. Bahan dasar berupa sereh dapur diekstrak dengan menggunakan air panas. Bahan lain yang dipersiapkan terdiri dari fasa minyak berupa campuran setil alkohol, asam stearat, gliserin dan minyak kelapa. Lotion dihasilkan dengan cara mencampurkan fasa minyak ke dalam ekstrak sereh dapur yang sudah ditambahkan propilen glikol. Para siswa mengaduk secara bergantian sampai terbentuk lotion yang kental. Dengan cekatan mereka membagi tugas memotong bahan dan memeras, memipet bahan lain, mengaduk, dan seterusnya. Akhirnya semua kelompok dapat melakukan percobaan. Pembuatan lotion anti nyamuk yang berhasil membuat mereka bersorak kegirangan, karena merasa mampu melakukan dengan baik.

Sebelum Sholat Dhuhur dan makan siang, acara ditutup oleh Pak Arif yang mewakili kepala sekolah SMAN 28 Jakarta.  Acara diakhiri dengan foto bersama dan makan siang sambil beramah-tamah. (ES, ed: SJW/ P2 Kimia)

ZONA INTEGRITAS