: +62 (21) 7560929 | SMS : 0822-9830-5011 English Bahasa Kontak Intra Search

Berita

LAFI – PUSKESAD Kunjungi P2 Kimia LIPI untuk Implementasi Kerja Sama Riset Bahan Alam


Administrator, 11 Juni 2020

Serpong, Humas LIPI. Lembaga Farmasi Pusat Kesehatan Angkatan Darat (LAFI – PUSKESAD) yang diwakili oleh TPH. Simorangkir. dan dua orang tim mengunjungi Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Kimia - LIPI) pada Kamis (11/6) dalam rangka kerja sama riset bahan alam. Tim LAFI – PUSKESAD disambut oleh Kepala P2 Kimia LIPI, Yenny Meliana, Koordinator Penelitian Kimia Bahan Alam P2 Kimia LIPI, Rizna Triana Dewi , perwakilan peneliti terkait riset bahan alam dan nano teknologi P2 Kimia LIPI, serta bagian Kerja Sama dan Humas LIPI.

Kerja sama riset bahan alam untuk obat herbal merupakan inisiasi dari LAFIAD yang mengajak LIPI bekerja sama menggunakan sumber daya dan fasilitas yang ada di LIPI berdasarkan kandidat obat herbal dari LAFIAD. Jadwal pelaksanaan yang akan dikerjasamakan oleh LAFIAD dan LIPI dimulai pada pertengahan tahun 2020 hingga akhir tahun 2020. “Tujuan besar pengembangan obat herbal ini adalah untuk alternatif pengobatan dalam rangka ketahanan dan kedaulatan obat Indonesia,” terang Simorangkir.

Dalam pertemuan tersebut dilakukan diskusi lanjutan pembahasan draft kerja sama teknis hingga menghasilkan dokumen Perjanjian Kerja Sama. Selain itu, dibahas juga rencana penelitian dan pengembangan untuk tiga tahun ke depan. “Semoga kerja sama antara pihak TNI AD dan LIPI ini bisa berjalan dengan baik,” harap Yenny. (adl)

ZONA INTEGRITAS